Bertambah, Korban Tewas Akibat Gempa Turki di Suriah Jadi 1.600 Orang

- 8 Februari 2023, 17:40 WIB
Pemandangan bangunan setengah runtuh pascagempa di Adana, Turki, 7 Februari 2023.
Pemandangan bangunan setengah runtuh pascagempa di Adana, Turki, 7 Februari 2023. /Foto: REUTERS/Emilie Madi/

PRFMNEWS – Jumlah korban meninggal dunia di Suriah akibat guncangan gempa M7,8 yang melanda tenggara Turki hingga Selasa, 7 Februari 2023 bertambah.

Tercatat korban meninggal di Suriah akibat gempa Turki sejak terjadi pada Senin, 6 Februari 2023 hingga Selasa bertambah menjadi hampir 1.600 orang.

Dikutip dari laman Daily Sabah, daerah yang rusak akibat gempa Turki di Suriah terbagi atas wilayah bagian Suriah yang dikuasai pemerintah Presiden Bashar Assad dan bagian Suriah yang dikuasai oposisi negara itu yang dikelilingi oleh pasukan pemerintah dan berbatasan dengan Turki.

Baca Juga: Korban Tewas Akibat Gempa Turki-Suriah Lebih dari 7.800 Orang, WNI yang Hilang Masih dalam Pencarian

Kementerian Kesehatan Suriah melaporkan korban meninggal di wilayah yang dikuasai pemerintah bertambah menjadi 656 orang, dan sekitar 1.400 orang terluka.

Sedangkan di bagian barat laut Suriah yang dikuasai oposisi negara itu, kelompok-kelompok yang beroperasi di sana melaporkan sekitar 450 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

“Kami punya keterbatasan waktu untuk segera menyelamatkan ratusan keluarga yang masih terjebak di bawah puing-puing bangunan yang hancur setelah gempa dahsyat,” kata Kepala Dinas Pertahanan Sipil Oposisi Suriah, Raed al-Saleh, Selasa 7 Februari 2023.

Baca Juga: 3 Orang WNI Menjadi Korban Luka Akibat Gempa M 7,8 di Turki

Raed al-Saleh mengatakan, bantuan mendesak dari kelompok-kelompok internasional sangat dibutuhkan untuk upaya mengevakuasi ratusan orang meninggal dan terluka.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x