7 Komplikasi Penyakit Jantung yang Harus Kamu Waspadai

- 1 Februari 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi penyakit jantung.
Ilustrasi penyakit jantung. /Pixabay/Pexels

PRFMNEWS - Penyakit jantung menggambarkan kondisi yang memengaruhi otot jantung, katup jantung, arteri koroner, atau irama jantung. Masing-masing komponen ini berperan penting dalam kesehatan jantung kita secara keseluruhan.

Kalau kamu didiagnosis dengan penyakit jantung, penting untuk melakukan perubahan gaya hidup untuk memperlambat perkembangan penyakit.

Tanpa pengobatan yang tepat, penyakit jantung dapat menyebabkan banyak komplikasi yang berpotensi fatal. Inilah beberapa komplikasi yang dapat berkembang dari penyakit jantung.

Baca Juga: Nyeri Dada dan Susah Bernafas Akibat Jantung Bermasalah, Atasi dengan 4 Herbal ala dr Zaidul Akbar

1. Angina

Angina adalah nyeri dada yang disebabkan oleh penyakit jantung. Memang tidak sama dengan serangan jantung, tetapi bisa menjadi tanda peringatan. Angina juga dapat membatasi aktivitas Moms hingga mengubah gaya hidup.

Angina terasa seperti tekanan yang menekan di dada. Selain itu, Moms juga mungkin juga merasakan sakit di leher, bahu atau rahang. Angina stabil adalah tipe yang paling umum. Hal ini terjadi ketika hati bekerja lebih keras dari biasanya. Stres atau aktivitas fisik merupakan hal yang dapat memicu angina stabil.

2. Fibrilasi atrium

Dalam keadaan normal, jantung berdetak dengan irama beraturan agar dapat mengalirkan darah dari serambi (atrium) jantung ke bilik (ventrikel) jantung, untuk selanjutnya dialirkan ke paru-paru atau seluruh tubuh.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x