Mengapa Anak Usia di Bawah 1 Tahun Tidak Dianjurkan Minum Jus Buah? Ternyata ini Alasannya

- 15 November 2022, 11:00 WIB
Bayi di bawah 1 tahun tidak dianjurkan minum jus buah karena alasan ini
Bayi di bawah 1 tahun tidak dianjurkan minum jus buah karena alasan ini /Pixabay

PRFMNEWS - Minum jus buah dengan berbagai tambahan topping memang sangat nikmat dan menyegarkan. Namun tahukah kamu, jika memberikan jus buah pada anak di bawah satu tahun bukan hal yang disarankan karena akan menyebabkan berbagai efek samping.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa buah-buahan memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk kesehatan. Tidak heran jika banyak orang tua mengajarkan anak-anaknya makan buah sejak dini.

Salah satu cara praktis dan mudah untuk mengajarkan anak makan buah adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Apakah kamu juga demikian?

Berikut beberapa alasan yang menjelaskan bahwa jus tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah satu tahun.

Baca Juga: Simak Cara Mudah Daftarkan BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru lahir

1. Mengenyangkan tapi tidak bikin gemuk

Persepsi salah yang selama ini berkembang di masyarakat adalah jus buah sama sehatnya dengan buah asli. Padahal, hal itu sama sekali keliru. Nutrisi dalam buah akan hilang dalam proses pengolahan menjadi jus. Pada akhirnya, yang tersisa dalam jus buah hanyalah kandungan air, gula, dan garam.

Dokter spesialis anak dr. Herbowo Agung Sp.A tidak menganjurkan anak di bawah usia satu tahun mengonsumsi jus buah karena berbentuk cair. Anak jadi mudah kenyang.

“Yang jadi masalah karena serat buah tinggi dan dia mengenyangkan, nggak bisa bikin gemuk. Jadi disarankan di bawah umur satu tahun tidak boleh,” demikian yang dikutip PRFMNEWS dari Antara.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x