Jangan Diabaikan Jika Penderita Diabetes Tidur Lama dan Sulit Dibangunkan, Bisa Mengancam Jiwa Kata dr. Cahyo

- 27 Oktober 2022, 17:45 WIB
Ilustrasi tidur kelamaan dan susah bangun pada penderita diabes bahaya bisa ancam jiwa, kata dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi tidur kelamaan dan susah bangun pada penderita diabes bahaya bisa ancam jiwa, kata dokter Cahyo Purnomo. /Foto: PIXABAY/Jess Foami/

PRFMNEWS - Tidur dalam jangka waktu yang lama atau lelap mungkin bagi sebagian orang merupakan pertanda tidurnya sangat nyenyak.

Namun ternyata tidak bagi penderita diabetes, patutnya orang sekitar wajib mencurigai jika keluarga atau kerabatnya tidur lelap atau lama.

Ini dikarenakan tidur dalam waktu yang lama atau lelap pada penderita diabetes disebut sebagai kondisi bahaya atau darurat.

Baca Juga: Menkes Budi Sebut Obat Gangguan Ginjal Akut akan Diberikan Secara Gratis

Menurut dokter Cahyo, tidur dalam jangka waktu lama atau nyenyak hingga sulit dibangunkan bisa berakibat fatal bahkan dapat sebabkan kematian pada penderita diabetes.

“Jika anda mendapat salah satu keluarga anda yang menderita diabetes tidak bisa dibangunkan atau sulit dibangunkan maka harus segera ambil tindakan untuk segera di bawa ke rumah sakit,” jelas dr. Cahyo, seperti yang dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dokter Cahyo Edukes pada Kamis 27 Oktober 2022.

Kemudian dokter Cahyo mengatakan jika kondisi tidur lelap pada penderita diabetes bisa disebabkan karena dua penyebab.

Baca Juga: Anggota Panwaslu Kecamatan di Kota Bandung Sudah Dilantik, dari 491 Pendaftar hanya 90 Orang yang Terpilih

Penyebab yang pertama dikarenakan kadar gula darah yang terlalu rendah dan dalam bahasa medis disebut dengan koma hipoglikemia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah