13 Manfaat Daun Binahong yang Sayang Jika Dilewatkan, Bisa Mencegah Diabetes sampai Menyembuhkan Sakit Ginjal

- 22 Oktober 2022, 09:57 WIB
Tanaman Binahong
Tanaman Binahong /Uyun Achadiat/


PRFMNEWS - Ada banyak tumbuhan obat yang punya segudang khasiat bagi tubuh, salah satunya adalah binahong.

Binahong yang memiliki nama latin Anredera cordifolia atau Madeira vine dalam bahasa Inggris ini, sering dimanfaatkan daunnya untuk mempercepat penyembuhan luka, bahkan hingga memelihara kecantikan.

Semenjak ribuan tahun lalu, daun binahong dikenal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki beragam kandungan senyawa alami yang telah dimanfaatkan dari generasi ke generasi sebagai pengobatan tradisional di Korea, Taiwan, dan juga Tiongkok.

Baca Juga: Selain Lezat, ini 13 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, Bisa Obati Hipertensi dan Kolesterol

Secara umum, madeira vine atau daun binahong ini mempunyai khasiat sebagai antioksidan, anti nyeri, antibakteri, hingga antiinflamasi yang krusial untuk menjaga kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat daun binahong yang menyehatkan dan tak boleh dilewatkan? Yuk cari tahu manfaat daun binahong lainnya untuk kesehatan lewat ulasan di bawah ini.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat dari daun binahong yang paling dikenal adalah mempercepat penyembuhan luka. Kemampuan daun binahong dalam mempercepat sembuhnya luka ini adalah karena adanya kandungan saponin dan flavonoid yang dimilikinya. Saponin akan bekerja sebagai antiseptik sehingga bisa membersihkan luka dan flavonoid bekerja untuk mencegah terjadinya peradangan.

Adanya kandungannya tersebut akan bisa mencegah semakin parahnya kondisi luka, serta mempercepat pulihnya jaringan kulit yang mengalami kerusakan. Kamu bisa memanfaatkan daun binahong untuk menyembuhkan luka dengan cara menghaluskannya, lalu mengaplikasikannya pada luka di permukaan kulit.

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini 10 Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah