Waspada! Kutu Air Pada Penderita Diabetes Bisa Sebabkan Amputasi Jari Sampai Kaki, Begini Cara Untuk Atasinya

- 12 Oktober 2022, 18:15 WIB
ilustrasi kutu air pada penderita diabetes yang bisa sebabkan amputasi jari hingga kaki, kata dokter Cahyo Purnomo.
ilustrasi kutu air pada penderita diabetes yang bisa sebabkan amputasi jari hingga kaki, kata dokter Cahyo Purnomo. /Unsplash/ @imani_bht

PRFMNEWS - Kutu air merupakan salah satu penyebab yang sering menjadi biang kerok timbulnya luka pada penderita diabetes.

Tentunya jika kutu air ini terus menerus timbul dapat berbahaya bagi penderita diabetes, dan akan sulit untuk disembuhkan.

Sehingga tidak jarang kutu air pada penderita diabetes dapat menyebabkan penyakit kaki diabetes atau luka pada kaki diabetes.

Baca Juga: 6 Desa Unik yang Hanya Ada di Indonesia, Nomor 4 Penduduk Wanitanya Hampir Semua Berstatus Janda

“Dimana kaki diabetes ini sering berakhir dengan amputasi jari kaki atau bahkan amputasi kaki pada penderita diabetes,” jelas dr. Cahyo, seperti yang dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo Edukes pada Rabu 12 Oktober 2022.

Namun tenang saja, dokter Cahyo memberikan cara untuk mengatasi kutu air pada penderita diabetes agar tidak semakin memburuk.

1. Kontrol kadar gula darah

Cara pertama adalah penderita diabetes bisa mengontrol kadar gula darah sampai mendekati nilai normal.

“Jadi perlu anda ketahui jika kadar gula darah nilainya selalu tinggi pada penderita diabetes maka akan membuat ketahan tubuh melemah,” ujar dr. Cahyo.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x