9 Manfaat Mengejutkan dari Beras Hitam 'Forbidden Rice', Bisa untuk Diet dan Mencegah Diabetes

- 3 Oktober 2022, 10:00 WIB
Beras Hitam
Beras Hitam /PIXABAY/RocZhang

PRFMNEWS - Beras hitam merupakan jenis beras dari spesies Oryza sativa L. Indica. Beras ketan termasuk beberapa di antaranya.

Bulir beras hitam utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan.

Dulu di beberapa negara Asia, beras hitam ini disebut “forbidden rice” atau beras terlarang karena hanya boleh dikonsumsi oleh para raja.

Selain itu beras hitam mempunyai ciri khas warna hitam-ungu dari pigmen yang disebut anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan kuat.

Rupanya, beras hitam memang memiliki keistimewaan sehingga hanya kalangan terbatas yang bisa mengonsumsinya. Beras hitam memiliki rasa sedikit pedas, sedikit manis, tekstur kenyal, dan rona ungu-hitamnya sangat eksotis.

Baca Juga: 6 Menu Ngemil Sehat bagi Orang Diabetes, Kenyang, Murah dan Bisa Bantu Turunkan Gula Darah, Kata dr. Cahyo

Bukan hanya unik, nasi dari beras hitam ini juga lebih dari sekadar enak. Ia sangat sehat sehingga dianggap sebagai “makanan super” di antara jenis nasi lainnya seperti beras putih, merah, dan coklat.

Kelebihan dari Beras Hitam

Penelitian awal menunjukkan bahwa beras hitam bahkan lebih kuat daripada blueberry dalam hal kandungan antioksidannya. Beras hitam sangat kaya akan antosianin, yang memberikan pigmen warna ungu kehitaman.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x