6 Menu Ngemil Sehat bagi Orang Diabetes, Kenyang, Murah dan Bisa Bantu Turunkan Gula Darah, Kata dr. Cahyo

- 29 September 2022, 18:20 WIB
Ilustrasi kacang tanah, salah satu cemilan sehat bagi penderita diabetes untuk turunkan gula darah, kata dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi kacang tanah, salah satu cemilan sehat bagi penderita diabetes untuk turunkan gula darah, kata dokter Cahyo Purnomo. /Zona Surabaya Raya/

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo mengatakan penderita diabetes tetap boleh makan cemilan alias ngemil tanpa perlu takut kadar gula darah di tubuhnya langsung melonjak naik.

Meski begitu, dr. Cahyo Purnomo menegaskan tidak semua menu cemilan atau makanan ringan boleh dan aman dikonsumsi orang diabetes karena beberapa di antaranya bisa bikin kadar gula darah naik tinggi.

Dokter Cahyo Purnomo mengungkap ada 6 cemilan sehat yang boleh dan aman dimakan penderita diabetes karena selain membuat perut kenyang juga bisa bantu menurunkan gula darah.

Baca Juga: Marc Klok dan Rachmat Irianto Sudah Gabung Latihan Bareng Tim Persib, Ricky Kambuaya Latihan Terpisah

Enam menu cemilan sehat yang baik dan aman dikonsumsi orang diabetes ini, kata dr. Cahyo, relatif murah dan mudah didapat di pasaran, serta efektif mengurangi rasa lapar berlebih.

Menurut dr. Cahyo, enam cemilan sehat ini aman bagi orang diabetes karena memenuhi syarat membuat gula darah tetap terkontrol usai mengonsumsinya, yakni punya indeks glikemik rendah dan tinggi serat.

Apa saja enam menu cemilan sehat yang boleh dimakan oleh penderita diabetes dan memiliki dua syarat tersebut di dalamnya sehingga tidak perlu khawatir memicu kadar gula darah naik?

1. Apel

Buah apel sangat cocok dikonsumsi sebagai cemilan bagi orang diabetes karena memiliki indeks glikemik 39. Buah dengan indeks glikemik di bawah 55, kata dr. Cahyo tergolong dalam kategori rendah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x