Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Pisang Kepok Rebus? Begini Penjelasan Dokter Cahyo

- 23 September 2022, 21:45 WIB
Ilustrasi pisang kepok rebus, bolehkah dimakan penderita diabetes? Simak penjelasan dokter Cahyo EDUKES.
Ilustrasi pisang kepok rebus, bolehkah dimakan penderita diabetes? Simak penjelasan dokter Cahyo EDUKES. /Tangkapan Layar/YouTube/Kunci Sehat/

PRFMNEWS - Pisang kepok adalah salah satu jenis pisang yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, namun bagi Anda yang menderita diabetes dan ingin mengonsumsi pisang kepok ini sebaiknya terlebih dahulu anda ketahui beberapa fakta mengenai pisang kepok berikut ini.

Seperti dikutip prfmnews.id dari laman kanal YouTube doktger Cahyo EDUKES, fakta yang pertama, pisang kepok ternyata tinggi kandungan karbohidrat, jadi dalam 1 biji pisang kepok yang berukuran 126 gr terdapat kandungan karbohidrat sebesar 37,91 gr.

Ternyata kandungan 1 biji pisang kepok ini lebih tinggi dibandingkan 1 porsi nasi yang memiliki kandungan karbohidrat sebesar 29,3 gr.

Baca Juga: Mata Minus Obati dengan Bumbu Dapur Ini, Kata Dokter Zaidul Akbar

Perlu kita ketahui apabila makanan semakin tinggi kandungan karbohidratnya nah ini penderita diabetes harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan tersebut karena apabila kandungan karbohidratnya semakin tinggi tentunya potensi untuk meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes juga akan menjadi semakin tinggi juga.

Yang nomor dua, pisang kepok ternyata memiliki indeks glikemik yang rendah. Jadi buah pisang ini pada umumnya memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu antara 42 sampai dengan 51 dimana apabila buah pisang ini semakin matang, nilai indeks glikemiknya akan menjadi semakin tinggi.

Namun apabila anda mengkonsumsi buah pisang yang terlalu matang indeks glikemiknya juga akan menjadi semakin rendah. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah ini relatif lebih aman bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Seorang Pria Asal Aceh Nekat Jual Ratusan Obat Terlarang di Serang

Yang nomor tiga, memiliki beban glikemik sedang. Jadi walaupun buah pisang ini memiliki indeks glikemik yang rendah, namun karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi hal ini menyebabkan buah pisang memiliki beban glikemik sedang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x