Yuk Mengenal 11 Motif Batik yang Populer di Indonesia. Nomor 6 Dulu Hanya Dipakai Warga Keraton Saja

- 2 Oktober 2022, 09:20 WIB
Motif Batik Keraton Huk
Motif Batik Keraton Huk /https://www.kratonjogja.id/


PRFMNEWS - Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan ragam budaya. Salah satunya adalah batik yang merupakan salah satu warisan budaya nusantara.

Batik kini juga sudah diakui keberadaannya oleh dunia, baik lokal maupun mancanegara, bahkan keindahan batik sudah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009.

Baca Juga: 15 Pantun Unik untuk Hari Batik Nasional 2022, Cocok untuk Caption di Medsos

Nah, batik di Indonesia sendiri sangatlah beragam. Hal itu tercermin dari ragam motif batik yang ada di setiap daerah di Indonesia di mana setiap daerah punya motif, corak, dan warna yang berbeda satu sama lain.

Setiap goresan motif batik ternyata punya maknanya tersendiri lho, Sobat Pesona. Nah, dalam rangka Hari Batik Nasional yang dirayakan pada tanggal 2 Oktober ini, yuk kenali 11 motif batik yang populer dari berbagai daerah di Indonesia berikut ini!

Batik Tujuh Rupa dari Pekalongan.*
Batik Tujuh Rupa dari Pekalongan.*

1. Batik Tujuh Rupa (Pekalongan)

Kota Pekalongan dijuluki sebagai Kota Batik, meskipun batik tumbuh di Yogyakarta dan Solo. Salah satu batik terkenal asal Pekalongan adalah batik tujuh rupa yang mengandung filosofi ikatan kebudayaan leluhur.

Motif batik tujuh rupa dari Pekalongan ini sangat kental dengan nuansa alam. Pada umumnya, batik Pekalongan menampilkan bentuk motif bergambar hewan atau tumbuhan. Motif-motif tersebut diambil dari berbagai campuran kebudayaan lokal dan etnis cina.

Baca Juga: 15 LINK Twibbon Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022, Desain Unik dan Elegan Cocok Pasang di Medsos dan WA

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x