Cara Atasi Kaki Kebas Pada Penderita Diabetes Agar Tidak Menimbulkan Infeksi, Ahli Gizi Ini Punya Solusinya

- 16 September 2022, 13:15 WIB
Iustrasi kaki kebas.
Iustrasi kaki kebas. /Pexels

PRFMNEWS - Begini cara mengatasi kaki kebas yang sering dialami oleh beberapa penderita diabetes dan agar jangan sampai mengalami infeksi.

Seorang Ahli Gizi Lutfi Rensiansi dari Eskayvie Indonesia membagikan bagaimana cara mengatasi kaki kebas pada penderita diabetes.

Dikutip dari kanal YouTube Eskayvie Global Indonesia, kaki kebas sebenarnya sering kali dialami oleh penyandang diabetes, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki penyakit apapun bisa mengalami masalah ini.

Orang yang beresiko terkena kaki kebas terjadi pada mereka yang banyak duduk dalam posisi bersimpuh.

Baca Juga: Keluar Banyak Keringat dan Badan Terasa Kebas Usai Minum Obat Diabetes, Kamu Perlu Berhati-Hati Kata dr. Cahyo

Hal ini disebabkan karena ketika kita terlalu lama duduk bersimpuh, maka pembuluh darah akan tertekan.

Sekitar hampir 50 persen penderita diabetes mengalami kaki kebas.

Penyempitan pembuluh darah pada penderita diabetes terjadi akibat gula darah yang tidak terkontrol hingga membuat darah menjadi mengental, sehingga lama-kelamaan pembuluh darah menjadi tidak kuat karena sering dilewati oleh darah kental tersebut dan menjadi mengecil.

Karena pembuluh darah yang mengecil dan darah mengental akibat banyaknya gula di dalam darah, akhirnya saraf dan berbagai macam sel jaringan pada kaki kita tidak mendapatkan asupan nutrisi dan juga asupan oksigen yang cukup, dan terjadilah kelemahan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x