12 Tanaman Pengusir Serangga Ampuh di Rumah, Bye Nyamuk dan Serangga!

- 16 September 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi tanaman pengusir nyamuk dan serangga.
Ilustrasi tanaman pengusir nyamuk dan serangga. /pixabay.com

PRFMNEWS - Serangga adalah salah satu hewan yang sering berkeliaran di dalam ataupun di luar rumah. Serangga ini biasanya nyamuk, lalat, semut dan lain sebagainya.

Kehadiran serangga-serangga ini seringkali membuat penghuni rumah merasa terganggu karena serangga tersebut sering menggigit atau mendekati persediaan makanan di dapur. Serangga seperti nyamuk dan lalat juga membawa penyakit bagi manusia, seperti demam berdarah, diare, disentri dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara untuk menghalau kehadiran serangga yang ampuh, misalnya saja kita bisa menggunakan alat semprot pengusir serangga atau memakai alat pengusir serangga yang menggunakan bahan dasar dari bahan kimia. Tentu saja hal ini sangat berbahaya, karena bisa saja alat pengusir serangga yang memiliki bahan dasar kimia akan berbahaya untuk manusia.

Lalu bagaimana kita mengatasi kehadiran serangga tapi tidak berbahaya untuk manusia?

Baca Juga: Inilah Cara Efektif Paling Utama Memberantas Nyamuk DBD Sampai ke Sarangnya

Alternatifnya adalah menggunakan tanaman rumah tangga untuk membasmi makhluk ini. Tanaman ini membantu mengusir serangga yang masuk ke dalam rumah dan bikin kamu tidak nyaman.

Selain membantu mengusir serangga, tanaman ini juga bisa memperindah ruangan. Wah, apa saja tanaman pengusir serangga yang bisa ditanam di sekitar rumah, ya?

1. Kemangi

Kemangi atau basil dikenal sebagai bumbu penyedap atau lalapan. Tanaman ini ternyata bisa mengusir serangga terutama nyamuk.Menurut sebuah studi tahun 2009, kemangi mengandung minyak esensial yang gak disukai nyamuk.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x