Amankah Bengkoang Bagi Penderita Diabetes? Begini Penjelasannya

- 14 September 2022, 08:50 WIB
Bengkoang
Bengkoang /Freepik.com./dashu83/

PRFMNEWS - Penting bagi penderita diabetes untuk mencari bahan makanan sebagai sumber karbohidrat yang sehat untuk pengganti nasi.

Sumber karbohidrat ini bermanfaat untuk membantu penderita diabetes untuk tetap kenyang tanpa kuatir terjadi peningkatan kadar gula darah.

Bengkoang adalah sumber karbohidrat yang berasal dari jenis umbi-umbian, bengkoang termasuk dalam makanan yang memiliki indeks glikemik rendah yaitu sebesar 51 dimana makanan dengan indeks glikemik di bawah 55 ini termasuk makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

Baca Juga: Bolehkah Ikan Bandeng Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes? ini Jawabannya

Hal ini mungkin disebabkan oleh tingginya serat yang terdapat didalam bengkoang yaitu sebesar 4,9 gr per 100 gr bengkoang.

Jadi bila suatu makanan semakin tinggi kadar seratnya maka karbohidrat dalam makanan tersebut akan semakin lama diserap oleh usus sehingga peningkatan kadar gula darah akan semakin lambat.

Selain itu bengkoang juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah yaitu sebesar 8,82 gr per 100 gr bengkoang, sehingga bila dihitung beban glikemiknya maka bengkoang ini termasuk dalam makanan dengan beban glikemik yang rendah yaitu hanya sebesar 4,5, dimana makanan dengan beban glikemik dibawah 10 ini termasuk makanan yang memiliki beban glikemik yang rendah.

Baca Juga: Bus Sekolah di Kota Bandung Bakal Diubah Jadi Bus Jemputan ASN Mulai 2023, ini Rute yang Disiapkan Dishub

Jadi kesimpulannya ini karena bengkoang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, indeks glikemik yang rendah, beban glikemik yang rendah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah