WASPADA Gejala Darah Tinggi, Terasa Sepele Tapi Ternyata Bahaya

- 27 Agustus 2022, 14:40 WIB
Ilustrasi gula darah tinggi
Ilustrasi gula darah tinggi /xb100/freepik

PRFMNEWS - Gula darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana naiknya kadar gula dalam darah. Jika seseorang mengalami gula darah tinggi, maka akibat terburuknya adalah penyakit jantung.

Dokter Ema Surya Pertiwi mengatakan seseorang bisa mengetahui gula darah tinggi dengan cek kadar gula secara rutin.

"Satu-satunya cara pasti untuk mengetahui gula darah tinggi atau tidak, dengan cek kadar gula dalam urine dan darah di lab," ujarnya.

Baca Juga: Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Nyetok Buah Manis Satu ini di Rumah

Namun terkadang entah karena malas, tidak ada waktu, yang pada akhirnya menjadikan seseorang tidak aware terhadap diri sendiri.

Dokter Ema menjelaskan pada kita semua tentang apa saja gejala-gejala gula darah tinggi pada seseorang yang terlihat sepele namun sangat berbahaya bagi kesehatan, yakni :

1. Kelelahan
Kelelahan ini terjadi setelah sarapan atau makan siang, padahal sudah istirahat tetapi tetap saja mengantuk. Apalagi setelah memakan makanan mengandung karbohidrat dan gula tinggi. Jika lelah tersebut terjadi berkepanjangan, bisa jadi sebagai tanda dari gula darah tinggi atau diabetes pada tubuh.

Baca Juga: Tidak Sarapan Bahaya bagi Diabetes, Picu Gula Darah, Berat Badan dan Risiko Kematian Naik Kata dr. Cahyo

2. Beser atau sering kencing
Sering kencing terjadi karena adanya gula darah tinggi berlebih pada tubuh, sehingga tubuh akan melakukan mekanisme menyaring cairan melalui ginjal.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah