Orang Diabetes Jangan Makan Buah Mangga, Rasa Manisnya Bikin Gula Darah Naik, Benarkah? Ini Kata dr. Cahyo

- 14 Agustus 2022, 19:45 WIB
Ilustrasi buah mangga, benarkah bikin gula darah naik. Simak kata dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi buah mangga, benarkah bikin gula darah naik. Simak kata dokter Cahyo Purnomo. /GoPlaces/Pixabay.

PRFMNEWS - Mangga jadi salah satu buah yang umumnya punya rasa manis dan kerap membuat orang diabetes ragu untuk memakannya karena takut gula darah di tubuhnya langsung naik.

Lantas, benarkah orang diabetes tidak boleh makan buah mangga? Jika boleh, berapa banyak porsinya agar aman bagi orang dengan gula darah tinggi?

Healthy vlogger dokter Cahyo Purnomo menyebut, buah mangga memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sehingga, dr. Cahyo Purnomo mengatakan, buah mangga boleh dikonsumsi oleh orang diabetes dan tidak memicu gula darah naik drastis asalkan dimakan dalam jumlah tertentu.

Baca Juga: Saksi Ungkap Detik-detik Mencekam Kecelakaan Maut Truk Hilang Kendali di Jalur Tengkorak Sukabumi-Cianjur

Sebelum mengungkap syarat dan porsi terbaik mengkonsumsi mangga bagi orang diabetes, dr. Cahyo Purnomo terlebih dahulu menjelaskan 4 alasan kenapa mangga aman dimakan pasien diabetes.

1. Punya indeks glikemik rendah

Menurut dr. Cahyo, mangga termasuk kategori buah dengan nilai indeks glikemik rendah. Makanan dikatakan punya indeks glikemik rendah jika memiliki nilai di bawah 55.

“Semakin rendah nilai indeks glikemiknya, maka semakin aman makanan itu bagi orang diabetes,” ujarnya, dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah