Penjelasan Dokter Cahyo Purnomo Terkait Boleh Atau Tidak Penderita Dibetes Minum Air Tebu

- 3 Agustus 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi air tebu, begini penjelasan dokter Cahyo Purnomo terkait boleh atau tidak penderita penyakit diabetes minum air tebu.
Ilustrasi air tebu, begini penjelasan dokter Cahyo Purnomo terkait boleh atau tidak penderita penyakit diabetes minum air tebu. /pixabay

PRFMNEWS - Air tebu memiliki rasan manis dan dianggap tinggi kandungan gula, maka beberapa orang, khususnya penderita penyakit diabetes, masih ragu untuk mengkonsumsi air tebu.

Namun penderita penyakit diabetes pasti tidak akan menyangka bahwa di dalam air tebu ini memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu hanya sebesar 43.

Dijelaskan oleh Dokter Cahyo Purnomo, makanan atau minuman dengan indeks glikemiks dibawah 55 ini adalah makanan atau minuman yang memiliki indeks glikemik rendah, termasuk air tebu.

"Makanan atau minuman yang memiliki indeks glikemiks rendah ini memang relatif lebih aman bagi penderita diabetes," kata Dokter Cahyo seperti dilansir PRFMNEWS.id dari kanal YouTube pribadinya, Selasa 2 Agustus 2022.

Baca Juga: Romantis, Valencia Tanoesoedibjo Unggah Video di Hari Ulang Tahun Kevin Sanjaya

Namun, lanjut Dokter Cahyo, untuk menilai makanan aman atau tidak untuk penderita diabetes kita juga bisa melihat beban gikemiksnya.

"Mengapa demikian? Karena makanan atau minuman tersebut memiliki indeks glikemiks yang rendah namun di sisi lain memiliki beban glikemiks yang tinggi, ternyata makanan atau minuman tersebut tetap tidak aman bagi penderita diabetes," urainya.

Diungkap oleh Dokter Cahyo, ternyata air tebu memiliki beban glikemiks yang tinggi. Hal ini disebabkan karena air tebu memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

"Jadi dalam gelas ukuran 250 cc ini air tebu ternyata mengandung gula sebesar 50 gram," katanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah