Kolesterol Susah Turun, 7 Makanan Alami Ini Wajib Dicoba Bagi Penderita Kolesterol, Ini Kata dr. Ema

- 13 Juli 2022, 13:15 WIB
Dokter Ema Surya Pertiwi
Dokter Ema Surya Pertiwi /Tangkapan Layar Youtube emasuperr


PRFMNEWS – Bagi penderita kolesterol pasti sulit untuk menurunkan kadar kolesterol dan butuh makanan yang bisa mencegah dan menurunkan kolesterol.

Kolesterol bisa menyebabkan plak pada pembuluh darah yang meningkatkan resiko penyumbatan darah seperti penyakit stroke, peripheral tredi, dan penyumbatan pada jantung, serta penyumbatan pada area kaki.

Dokter Ema Surya Pratiwi melalui akun Youtubenya Emasuperr pun memberitahu makanan-makanan yang bisa membantu secara alami dalam mencegah dan menurunkan kolesterol pada tubuh.

Baca Juga: Turunkan Kolesterol dengan Bahan yang Mudah Ditemukan Ala dr.Zaidul Akbar

Berikut makanan-makanan yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh:

1. Asam Jawa

Asam Jawa punya efek farmakologis yang berarti pektin dalam asam jawa punya antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL) atau lemak baik dalam tubuh.

Bisa mengkonsumsi asam jawa sebanyak 12 gram yang direndam dengan air selama 15 menit, lalu diminum atau menggunakan asamnya sebagai jamu asam jawa atau mencampurkan ke dalam makanan dan dicemil langsung.

2. Bawang Merah

Bawang merah memiliki senyawa yang disebut kuarcetin. Kuarcetin ini dapat membantu menurunkan kolesterol pada tubuh. Bawang merah juga berfungsi untuk mencegah peradangan dan pengerasan pada pembuluh darah yang sangat bermanfaat bagi penderita kolesterol.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x