Buah Satu Ini Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa Bagi Penderita Diabetes

- 11 Juli 2022, 09:15 WIB
Buah pisang.
Buah pisang. /Pixabay/StockSnap/


PRFMNEWS - dr Cahyo mengungkapkan tentang khasiat mengkonsumsi buah pisang bagi penderita diabetes.

Buah pisang tentunya tidak asing bagi kebanyakan orang, dimana buah pisang mudah ditemui dan sering diolah dengan berbagai macam.

Berikut manfaat yang dihasilkan buah pisang bagi penderita diabetes, seperti dikutip dari kanal YouTube dr. Cahyo Edukes:

1. Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Pisang memiliki rasa yang manis dan membuat pasien diabetes enggan untuk mengkonsumsinya karena khawatir kadar gula darah akan naik, tetapi fakta yang diungkap oleh dr Cahyo yaitu buah pisang memiliki indeks glikemik yang rendah, sekitar 51.

Indeks glikemik yaitu merupakan derajat kecepatan suatu makanan menjadi gula. Pasien diabetes perlu memperhatikan indeks glikemik karena berhubungan dengan gula darah.

Buah dengan indeks glikemik dibawah 55 cukup aman untuk penderita diabetes karena tidak akan langsung menyebabkan gula darah naik.

2. Memiliki Beban Glikemik Sedang

Yang mana artinya yaitu apabila kalian mengkonsumsi buah pisang dengan jumlah yang sudah ditentukan atau tidak lebih dari 2 pisang ukuran sedang dalam 1 hari, maka aman untuk dikonsumsi penderita diabetes karena tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: Cek Kadar Kolesterol dari Sekarang dengan 4 Cara Ini, Menurut dr. Saddam Ismail

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x