7 Tanda Awal Diabetes Khas Pada Wanita, dr. Saddam Ismail Sebut Masalah Siklus Menstruasi Salah Satunya

- 21 Juni 2022, 07:15 WIB
Ilustrasi menstruasi. Alami masalah siklus menstruasi jadi salah satu tanda diabetes pada perempuan.
Ilustrasi menstruasi. Alami masalah siklus menstruasi jadi salah satu tanda diabetes pada perempuan. /Pexels/Andrea Piacquadio

PRFMNEWS – Penyakit diabetes atau kadar gula darah terlalu tinggi bisa dialami baik oleh wanita maupun pria. Gejala yang muncul pun hampir sama.

Namun, healthy vlogger dr. Saddam Ismail mengungkap, ada perbedaan gejala atau tanda awal yang hanya muncul gula darah naik pada perempuan pengidap diabetes, sedangkan pada laki-laki tidak terjadi.

Menurut dr. Saddam Ismail, setidaknya ada tujuh tanda awal penderita diabetes yang khas atau lebih cenderung muncul pada wanita dan tidak terjadi pada pria dengan kadar gula terlalu tinggi.

Tujuh tanda awal yang perlu diwaspadai wanita karena bisa jadi sebagai gejala dini ia menderita diabetes ini dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube Saddam Ismail pada Selasa, 21 Juni 2022.

Baca Juga: Terdapat 2 Kategori yang Bisa Masuk Gratis ke PRJ, Berikut Ketentuannya

Menurut dr. Saddam Ismail, gejala diabetes yang umum terjadi pada wanita maupun pria, antara lain gampang lapar dan haus, sering kencing di malam hari, penurunan berat badan tiba-tiba, pandangan buram, luka sulit sembuh, serta badan sering lemas tanpa penyebab jelas.

Adapun 7 tanda awal pada tubuh yang khas muncul pada seorang wanita penderita diabetes menurut dr. Saddam Ismail adalah sebagai berikut:

1. Masalah siklus menstruasi
dr. Saddam Ismail menyebut, gula darah tinggi pada wanita memicu terjadinya ketidakseimbangan hormonal. Kondisi ini akan berpengaruh pada perubahan siklus menstruasi.

“Siklus menstruasi yang lebih panjang bisa jadi salah satu gejala diabetes pada wanita,” katanya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: YouTube Saddam Ismail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah