Apakah Benar Telinga Memiliki Tiga Tulang Terkecil? Simak Penjelasanya

- 3 April 2022, 02:00 WIB
ilustrasi telinga
ilustrasi telinga /pixels/

PRFMNEWS - Tahukah Anda bahwa telinga juga sebagian dari tulang, namun tulang itu disebut memiliki tulang yang lunak.

Anda mungkin paling akrab dengan istilah telinga yang paling dasar yakni lobus, gendang telinga, koklea dan lain sebagainya.

Mungkin Anda bahkan tahu bahwa telinga bagian dalam penting untuk keseimbangan dan mengapa penggunaan Q-Tip yang sering berdampak buruk bagi saluran telinga Anda.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Longsor di Bantaran Sungai Cicadas, Komisi D DPRD Kota Bandung: Perbaiki Secara Permanen

Apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa telinga Anda juga merupakan rumah bagi tiga tulang terkecil di tubuh Anda.
Tiga tulang tersebut yakni ossicles, dari kata Latin yang berarti tulang kecil.

Nama individu mereka juga berasal dari bahasa Latin. Ada maleus (palu), inkus (landasan), dan stapes (sanggurdi), yang semuanya terhubung dalam rantai dan bentuknya samar-samar seperti namanya.

Tulang-tulang itu seukuran biji jeruk dan stapes adalah yang terkecil dari ketiganya, dikutip prfmnews.id dari situs Mental Floss pada Sabtu, 2 April 2022.

Ossicles terletak di telinga tengah Anda, antara gendang telinga dan telinga bagian dalam Anda, yang tugasnya adalah mengirimkan getaran suara dari satu tempat ke tempat lain.

Setelah getaran melewati telinga tengah, getaran itu mengenai koklea, yang mengubahnya menjadi sinyal saraf untuk diterima otak Anda sebagai suara.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Sholat Tarawih di Masjid Pusdai Bandung Hari Ini

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: mentalfloss


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah