Berikut Tes yang Digunakan Dokter untuk Mendiagnosis Penyakit Ginjal Kronis

- 24 Maret 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi ginjal.
Ilustrasi ginjal. /Freepik/brgfx/

PRFMNEWS - Bagaimanakah dokter dapat mendiagnosis ketika seseorang terkena penyakit ginjal kronis atau CKD (Chronic Kidney Disease)?.

Berikut ini akan dibahas dua tes yang digunakan oleh dokter untuk mengetahui apakah seseorang tersebut menderita CKD.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, penyakit ginjal kronis melibatkan hilangnya fungsi ginjal secara bertahap.

Ginjal Anda menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah Anda, yang kemudian dibuang melalui urin Anda. Penyakit ginjal kronis tingkat lanjut dapat menyebabkan tingkat cairan, elektrolit, dan limbah yang berbahaya menumpuk di tubuh Anda.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Baik untuk Mengkonsumsi Rimpang? Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar Ini

Baca Juga: Penyebab Tangan dan Jari-Jari Sering Kesemutan Serta Cara Mengatasinya, Simak Penjelasan dr. Zaidul Akbar ini

Dikutip dari laman NHS, diketahui ada dua tes yang bisa digunakan untuk mendiagnosis ginjal kronis, yaitu tes darah dan urin.

“Tes ini mencari kadar zat tertentu yang tinggi dalam darah dan urin Anda yang merupakan tanda bahwa ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik,” tulis laman NHS.

Selain itu, jika Anda merupakan orang yang beresiko terkena penyakit ginjal, seperti orang dengan tekanan darah tinggi atau diabetes, maka Anda mungkin akan disarankan untuk melakukan tes rutin untuk memeriksa CKD sehingga bisa ditemukan pada tahap awal.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x