Kabel Fiber Optik di Kota Bandung Mulai Diturunkan ke Bawah Tanah, Pemkot: Mulai dari Dago

- 17 Desember 2021, 16:10 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat menurunkan kabel di Jalan Ir. H. Djuanda, Jumat, 17 Desember 2021.
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat menurunkan kabel di Jalan Ir. H. Djuanda, Jumat, 17 Desember 2021. /Humas kota Bandung

PRFMNEWS - Kabel udara fiber optik yang selama ini seliweran di atas jalan di Kota Bandung, kini mulai diturunkan ke bawah tanah.

kabel jaringan telekomunikasi tersebut dipindahkan ke infrastruktur di bawah jalan atau lebih familiar disebut sistem ducting.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memulai tahap pertama penurunan kabel optik ke bawah tanah di kawasan Dago.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan, saat ini sudah tersedia fasilitas ducting di 13 ruas jalan. Untuk eksekusi pertama penurunan jaringan kabel telekomunikasi dilakukan di Jalan Ir. H. Djuanda, yakni mulai dari perempatan Riau sampai ke Simpang Dago.

Baca Juga: Meski Lagi Pandemi, Kasus Narkoba di Kabupaten Bandung Mengalami Peningkatan

Kemudian 12 jalur lainnya terdapat di Jalan RE. Martadinata (Jl. Wastukancana – Jl. A Yani), Jalan Ahmad Yani (Simpang 5 – Rel Kereta Api), Jalan Naripan (Jl. Sukarno – Jl. Sunda), Jalan Sudirman (JL. Asia-afrika – Jl. Astana Anyar), Jalan Cibadak (Jl. Otista – Jl. Astana Anyar), dan Jalan Buahbatu (Jl. BKR – Jl. Bypass).

Selanjutnya di Jalan Moch Toha (Jl. BKR – Jl. Bypass), Jalan Kopo (JL. Peta – Pintu Tol CIpularang), Jalan Wastukancana (Seputar Balaikota, Sisi Balkot), Jalan Aceh (Jl. Wastukancana – Jl. Sumatra), Jalan Jakarta (Seputar Kiara Artha Park, Sisi KAP), Jalan Cibaduyut (Sepanjang trotoar)

"Alhamdulillah selama ini Pemkot sebetulnya sudah punya fasilitas ducting, lubang-lubang untuk kabel di beberapa ruas jalan. Hari ini mulai aktivasi, pertama kita lakukan di koridor Jalan Dago," ucap Yana usai menurunkan kabel di Jalan Ir. H. Djuanda, Jumat, 17 Desember 2021.

Yana berharap, proses penurunan kabel telekomunikasi di Jalan Dago ini bisa tuntas dalam waktu satu bulan. Karena infrastrukturnya sudah tersedia, hanya tinggal memindahkan saja.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Humas Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x