Wow Keren! Indonesia Bisa Saksikan Hari Tanpa Bayangan Matahari pada Tanggal Segini

- 29 Agustus 2021, 12:35 WIB
Ilustrasi sinar matahari
Ilustrasi sinar matahari /Pexels.com/@skitterphoto


PRFMNEWS - Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan hari tanpa bayangan matahari pada tengah hari yang akan terjadi antara 6 September hingga 21 Oktober 2021.

Khusus wilayah Jakarta, fenomena hari tanpa bayangan matahari terjadi pada 9 Oktober 2021 mendatang dan pukul 11.39 WIB.

Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lapan, Andi Pangerang mengatakan, hari tanpa bayangan matahari adalah fenomena saat posisi matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tak berongga saat tengah hari.

Baca Juga: Blue Moon Bisa Disaksikan Warga Bandung dengan Mata Telanjang, LAPAN Ungkap Jam Terbaik untuk Menyaksikannya

"Sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai hari tanpa bayangan matahari," kata Andi dalam keterangannya, Sabtu 28 Agustus 2021.

Indonesia terbentang dari 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan dan dibelah oleh garis khatulistiwa.

Dengan lokasi geografis tersebut, matahari akan berada di atas Indonesia dua kali setahun, yang pertama sudah terjadi sejak akhir Februari hingga awal April 2021.

Baca Juga: LAPAN Sebut Jelang Lebaran Ada Asteroid yang Dekati Bumi

Sementara itu, yang kedua akan terjadi antara tanggal 6 September hingga 21 Oktober 2021.

Denomena hari tanpa bayangan matahari selalu terjadi dua kali setahun untuk kota-kota atau wilayah yang terletak di antara dua garis.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x