LAPAN Sebut Jelang Lebaran Ada Asteroid yang Dekati Bumi

- 22 Mei 2020, 09:35 WIB
ILUSTRASI asteroid.*

BANDUNG, (PRFM) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut, asteroid 1997 BQ atau 136795 dilaporkan mendekati bumi menjelang Lebaran Idulfitri atau pada Jumat (22/5/2020).

Kepala LAPAN, Thomas Djamaludin mengatakan, asteroid yang mendekat ke arah bumi ini bukan berarti akan menabrak. Namun, lintasan orbitnya dekat dengan orbit bumi.

“Informasi itu hanya untuk (memenuhi-red) keingintahuan publik. Asteriod yang mendekat bukan berarti mengarah ke bumi yang berpotensi menabark. Tapi dalam konteks lintasan orbitnya dekat dengan orbit bumi,” tutur dia saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga: Ombudsman Jabar Kritik Pelayanan Pos Indonesia Saat Salurkan Bansos

Ia pun menegaskan, lintasan orbit asteroid lebih jauh dibanding jarak bumi ke bulan. Sehingga, lanjutnya, masyarakat tidak perlu panik.

Terlebih menurut prakiraan LAPAN, selama 100 tahun ke depan, tidak ada asteroid yang bertabrakan dengan bumi.

“Masih dalam jarak aman, lebih jauh ketimbang jarak bumi dengan bulan. Jarak bumi bulan itu 384.000 km secara rata-rata. Jarak asteroid yang melintas itu beberapa kali dari jarak bumi bulan. Sehingga aman dan tidak berpengaruh,” kata Thomas.

Baca Juga: Hal-hal yang Mungkin Bakal Dirindukan di Lebaran Tahun ini

Kendati demikian, asteroid ini menjadi perhatian khusus bagi para astronom. Pasalnya, benda langit tersebut nantinya akan dipantau dan diprakirakan apakah akan menabrak bumi atau tidak pada masa mendatang.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X