Tips Atasi Anak Kecanduan Gadget dari Psikolog

- 16 Maret 2021, 18:32 WIB
Ilustrasi Anak Kecanduan Gadget.
Ilustrasi Anak Kecanduan Gadget. /Pixabay/


PRFMNEWS - Fenomena anak kecanduan gadget pada saat ini sudah marak terjadi di berbagai daerah. Mudahnya anak mengakses gadget seperti handphone dan kurangnya pengawasan orang tua disinyalir menjadi penyebab anak keranjingan bermain gadget.

Di Jawa Barat, ada ratusan pasien anak yang mengalami kecanduan gawai. Mereka dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung Bandung Barat.

Oleh karena itu para orang tua penting mengetahui tips agar anak tidak kecanduan gadget secara berlebihan. Berikut beberapa tips agar anak tidak kecanduan gadget oleh Pakar Psikologi dari Universitas Mercu Buana, Dr. Indra Kusumah.

Baca Juga: Banyak Anak Kecanduan Gawai, Wagub Jabar Minta Orangtua Ambil Tindakan

1. Kesepakatan penggunaan gadget
Menurut Indra, orang tua sebelum membelikan gadget untuk anaknya, perlu membuat kesepakatan terkait penggunaan, tujuan, hingga waktu pemakaian gadget.

"Misalnya tujuan utama anak dibelikan gadget itu untuk proses belajar, itu di awal harus disepakati. Penggunaannya kapan boleh digunakna, termasuk apa saja yang boleh diakses," ujar Indra saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 16 Maret 2021.

Indra menilai, banyak orang tua memberikan gadget kepada anaknya sebagai pengalih perhatian karena mereka sibuk. Alhasil anak menganggap gadget sebagai alat kesenangan semata, hal ini menurutnya berbahaya jika tidak disampaikan tujuan gadget di awal.

"Di awal menjadi proses memahamkan anak sejak awal, dan harus ada kesepakatan antara anak dan ortu, kalau mau tertulis itu lebih bagus lagi," jelasnya.

Baca Juga: Pandemi Sebabkan Banyak Siswa Putus Sekolah, Beberapa Pilih Menikah, Bekerja, Hingga Kecanduan Game Online

2. Orang tua harus beri contoh baik
Banyak anak mencontoh orang tuanya yang juga sama-sama bermain gadget dalam waktu lama. Padahal hal ini bisa disampaikan di awal saat membeli gadget.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X