Bunga Terbesar di Dunia Ternyata Salah Satunya Asal Indonesia

- 25 November 2020, 18:33 WIB
Tiga bunga langka dilindungi Rafflesia kemumu mekar sempurna di habitat aslinya di kawasan Air Terjun Curug 9 Kabupaten Bengkulu Utara. */ANTARA/Dani KPPL Bengkulu Utara.
Tiga bunga langka dilindungi Rafflesia kemumu mekar sempurna di habitat aslinya di kawasan Air Terjun Curug 9 Kabupaten Bengkulu Utara. */ANTARA/Dani KPPL Bengkulu Utara. /

PRFMNEWS - Bunga adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki warna dan bentuk yang beragam. Tak hanya itu, ukurannya pun bermacam-macam.

Bunga yang memiliki bentuk yang kecil atau sedang sering kita jumpai seperti bunga mawar, bunga melati dan masih banyak lagi.

Bahkan untuk ukuran yang tidak terlalu besar, anda bisa menanamnya di pekarangan rumah. untuk ukuran bunga yang besar biasanya ada di beberapa tempat tertentu saja. Berikut beberapa bunga terbesar di dunia:

Baca Juga: BTS Menang Dua Penghargaan di American Music Awards 2020

  1. Bunga Rafflesia

Bunga Rafflesia merupakan salah satu bunga yang berasal dari Indonesia. Bunga Rafflesia memegang ukuran bunga paling besar didunia sejauh ini. Dengan beratnya yang mencapai 24 pon atau 10 kg lebih. Namun, Bunga Rafflesia memiliki aroma yang tidak sedap seperti bau daging busuk hingga diberi julukan “Bunga Bangkai”. namun bau tersebutlah yang bisa memancing lalat datang juga lalatlah nanti yang akan menyebarkan serbuk sari.

  1. Bunga Amorphophallus titanum

Sama seperti Bunga Rafflesia, Amorphophallus titanum juga dijuluki sebagai “Bunga Bangkai” dan berasal dari Indonesia, tepatnya berasal dari Sumatera. Bunga ini masuk kedalam jajaran bunga terbesar karena tingginya yang bisa mencapai 10 kaki atau 3 meter lebih. Bunga Amorphophallus titanum juga dijuluki bunga bangkai karena memiliki aroma busuk seperti daging busuk, seperti bunga Rafflesia.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Liga Champions Malam Ini, Big Match Inter Milan vs Real Madrid Tayang di SCTV

  1. Bunga Corypha umbraculifera

Bunga Corypha umbraculifera atau biasa disebut dengan “palip talipot” juga menjadi salah satu jajaran bunga yang berukuran besar. tidak sama seperti bunga sebelumnya yang dimana bunga hanya tumbuh sendiri tanpa harus adanya batang sebagai tempat tumbuhnya, bunga Corypha umbraculifera ternyata tertanam di batang pohon Talipot dan posisinya berada diatas.*** (Dian Meilani/JOB)

Editor: Haidar Rais

Sumber: Treehugger


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x