Ada 3 Kabupaten di Jabar yang Gelar Pilkada 2020 Berstatus Zona Merah Covid-19

- 19 November 2020, 07:42 WIB
ILUSTRASI Pemilu.*
ILUSTRASI Pemilu.* /PRFM

PRFMNEWS - Dari delapan daerah di Jawa Barat yang menyelenggarakan Pilkada 2020, tiga di antaranya sekarang berstatus zona merah alias risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Tiga daerah tersebut adalah Kabupaten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Bandung. Hal ini berdasarkan update peta level kewaspadaan Covid-19 Jabar periode 9-15 November 2020.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, jumlah keseluruhan kabupaten/kota yang zona merah saat ini ada di tujuh daerah, periode sebelumnya hanya tiga. Peningkatan ini terjadi pascalibur panjang akhir Oktober lalu.

Baca Juga: Kondisi Kota Bandung Memprihatinkan, Dekati Kembali Zona Merah Corona

“Ada penambahan zona merah pascalibur panjang yang cukup signifikan, tadinya kita tiga menjadi tujuh. Mengindikasikan Kabupaten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Bandung adalah tiga daerah yang melaksanakan Pilkada bersamaan minggu ini dengan status zona merah,” ujar Emil dalam konferensi pers virtual, Selasa 17 November 2020.

Di sisi lain, Bupati Bandung Dadang M Naser mengaku kecolongan dengan munculnya klaster virus corona di level keluarga dan pesantren.

Menurut hasil analisa data yang dilakukan Pemkab Bandung, tingkat keterpaparan virus corona ternyata meningkat akibat adanya tamu dari luar kota yang datang ke Kabupaten Bandung.

"Terus terang, kita kecolongan dengan klaster virus corona yang ada di Kabupaten Bandung. Muncul klaster keluarga dan pesantren di wilayah Kabupaten Bandung," ucapnya saat ditemui usai Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung di Gedung Mohammad Toha, Soreang, Rabu 18 November 2020.

Baca Juga: Kota Bandung Terancam Zona Merah Lagi, Pemkot Pastikan Ruang Publik Ditutup Untuk Warga

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x