Ridwan Kamil Minta Lahan Milik Pemprov Jabar Produktif: Minimal Kebun Pangan

- 15 November 2020, 07:29 WIB
Lahan milik Provinsi Jawa Barat yang ada di kawasan Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang.
Lahan milik Provinsi Jawa Barat yang ada di kawasan Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. //HUMAS JABAR

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta jajarannya untuk memaksimalkan potensi ekonomi pada lahan yang dimiliki Pemprov Jabar, sehingga tanah yang ada bisa produktif.

Gubernur mengungkapkan hal tersebut saat mengunjungi lahan di Kiarapayung Jatinangor, Sumedang, Sabtu 14 November 2020 guna melihat potensi ekonomi, sosial, dan penataan lingkungan atau konservasi, lahan milik Pemda Provinsi Jabar.

“Setelah pandemi, saya ingin di tanah-tanah milik Pemda Provinsi Jabar itu minimal kebun pangan,” kata Emil, sapaan akrabnya dalam siaran pers, Sabtu 14 November 2020.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Tamansari Kota Bandung Tewaskan Dua Orang Pengendara Motor Asal Sumedang

Potensinya bisa beragam, lanjut Emil, boleh jadi tanah yang sekarang hanya ditumbuhi rumput ilalang bisa jadi kebun jahe atau bahkan kopi.

“Makanya dilihat dulu jangan-jangan bukan untuk pariwisata potensinya. Bisa jadi tanah yang ada rumput ilalang itu bisa jadi kebun jahe merah, kopi. Harus ada visi itu,” imbuhnya. 

Emil yang turut didampingi Ketua Kwarda Pramuka Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil membahas penataan kawasan Bumi Perkemahan Kiarapayung. Bumi Perkemahan Kiarapayung pun merupakan aset milik Pemda Provinsi Jabar. 

Baca Juga: Pelatih Persib Tak Bisa Pastikan Pemainnya Bertahan, Ini Jawaban Castillion dan Wander Luiz

Ia memberikan arahan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengkaji potensi aset lahan yang dimiliki setiap OPD. Salah satunya dengan menggelar focus group discussion (FGD).

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x