PKK Jabar Perkuat Program Peningkatan Kebahagiaan Lansia

- 2 November 2020, 22:23 WIB
Ketua TP-PKK Provinsi Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil saat Sosialisasi Tujuh Dimensi Lansia Tangguh yang diinisiasi Perwakilan BKKBN Provinsi Jabar di Hotel Novotel, Kota Bandung, Senin 2 November 2020.
Ketua TP-PKK Provinsi Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil saat Sosialisasi Tujuh Dimensi Lansia Tangguh yang diinisiasi Perwakilan BKKBN Provinsi Jabar di Hotel Novotel, Kota Bandung, Senin 2 November 2020. /HUMAS JABAR


PRFMNEWS - TP-PKK Provinsi Jawa Barat terus memperkuat Bina Keluarga Lansia (BKL), program peningkatan kesejahteraan dan kebahagiaan para lanjut usia dalam sebuah keluarga.

Ketua TP-PKK Provinsi Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, BKL yang menjadi bagian dari program kerja PKK Pokja 1 adalah program pemberdayaan lansia di mana keluarga dan masyarakat sekitar menjadi pelaku utamanya.

“Di BKL yang kita persiapkan adalah keluarganya,” kata Atalia saat menjadi pembicara di acara Sosialisasi Tujuh Dimensi Lansia Tangguh yang diinisiasi oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jabar di Hotel Novotel, Kota Bandung, Senin 2 November 2020.

Atalia mengungkapkan, dalam BKL perlu diedukasi terkait anggota keluarga yang lebih muda bisa menerima anggota keluarga yang sudah sepuh dan bagaimana juga bisa terus memahami kondisinya, kemudian menyemangati. Sebab yang paling penting adalah kebahagiaan itu harus muncul oleh kedua belah pihak yaitu lansia dan keluarganya.

Baca Juga: Mulai 2021, Ridwan Kamil Wajibkan Pembelian Mobil Listrik Untuk Kendaraan Dinas

Tak hanya anggota keluarga, BKL juga melibatkan berbagai kelompok di dalam masyarakat untuk menggelar kegiatan dan edukasi. Kegiatan perkumpulan ini menjadi penting untuk menghilangkan rasa sepi yang biasanya dirasakan oleh para lansia, terlebih apabila anggota keluarganya jarang hadir secara fisik atau sibuk dengan kegiatan masing-masing.

“Ketika mereka berkumpul dengan teman-teman sebaya mereka, mereka akan lebih merasa bahagia. Karena mereka punya teman untuk cerita, untuk berbagi,” katanya.

Selain itu, ruang-ruang untuk lansia berinteraksi perlu diperluas, ruang-ruang untuk mereka bisa membangun kebahagiaan, membangun kemandirian dari sisi ekonomi juga harus terus didorong.

Baca Juga: Update Peta Sebaran Corona Kabupaten Bandung, Cicalengka Paling Banyak Sumbang Kasus Positif Aktif

Atalia menambahkan, sebagai bagian dari keluarga, para lansia sebenarnya bisa menjadi motivator untuk berbagai kegiatan anak-anak, remaja, atau pasangan muda, karena para lansia memiliki pengalaman dalam menjalani kehidupan ini.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x