Hari Ini 3 Ribu Buruh Demo Lagi di Depan Gedung Sate, 2 Hal Ini yang Akan Disuarakan

- 27 Oktober 2020, 07:13 WIB
Aksi buruh di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat.
Aksi buruh di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat. /Pikiran-rakyat.com/Novianti Nurulliah/

PRFMNEWS - Hari ini buruh direncakan kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro, Selas 27 Oktober 2020.

Dalam aksi kali ini ada dua tuntutan utama yang buruh suarakan, yaitu menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 dan pembatalan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Demo hari ini bertepatan dengan Pemprov Jabar yang akan melakukan rapat pleno untuk menentukan UMP. Kurang lebih tiga ribu buruh akan berkumpul dan menyuarakan aspirasinya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Jangan Ada Lagi Demo Omnibus Law Cipta Kerja di Jabar

Ketua DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Jawa Barat Roy Jinto mengatakan, serikat buruh sangat memahami kondisi negara yang terdampak pandemi Covid-19.

Namun dengan adanya wacana tidak menaikan UMP, tentu akan menurunkan daya beli masyarakat.

"Kita menuntut kenaikan UMP minimal 8 persen dengan pertimbangan rata-rata kenaikan dari tahun ke tahun dalam 5 tahun terakhir ini, sesuai dengan PP 78," ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin 26 Oktober 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat, Taufik Garsadi berharap UMP Jabar tahun 2021 naik.

Meski begitu kenaikan UMP tidak bisa sembarang dilakukan, karena harus mengacu pada regulasi yang ada.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x