Jelang Mudik Lebaran 2024, DPRD Jabar Minta Optimalisasi Fasilitas Rest Area di Tol Cisumdawu

- 5 April 2024, 14:45 WIB
Kendaraan melintasi terowongan kembar di jalur fungsional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022)
Kendaraan melintasi terowongan kembar di jalur fungsional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022) /.ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.

PRFMNEWS - Jelang arus mudik Lebaran 2024, pertemuan ruas jalan Tol Cipali dan Tol Cisumdawu di Jawa Barat menjadi perhatian khusus.

Beberapa lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan yaitu tempat istirahat atau rest area serta titik pertemuan Jalan Tol Cipali dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu.

Selain itu, keberadaan rest area dapat dimanfaatkan untuk berbagai transaksi seperti pengisian bahan bakar. Apalagi, para pemudik yang akan melalui jalur tol Cisumdawu ini diprediksi cukup banyak.

Baca Juga: Nggak Bikin Kantong Bolong! Ini 8 Rekomendasi Ide Hampers Lebaran Idul Fitri 2024 dengan Budget Rp100 Ribu-an

DPRD Jawa Barat menyoroti sarana yang masih terbatas di Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu). Padahal, keberadaan jalan tol tersebut diharapkan dapat mengurai kemacetan arus mudik lebaran yang kerap kali terjadi.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Phinera Wijaya mengatakan hal tersebut harus diperhatikan karena sarana di Tol Cisumdawu masih terbatas, salah satunya belum ada rest area yang representatif di sana.

"Padahal, rest area ini sangat penting sebagai tempat para pemudik untuk beristirahat menjaga fisik dari kelelahan," kata Phinera mengutip dari ANTARA.

Baca Juga: Mulai Diserbu Pemudik, Ini Rekomendasi Tempat Penitipan Kucing di Bandung

Phinera pun berharap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat, PT Jasa Sarana, yang saat ini tergabung sebagai pemegang saham dengan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku pengelola Tol Cisumdawu bisa turut mendorong kelengkapan sarana dan prasarana untuk keselamatan masyarakat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x