Jabar Catat Investasi Tertinggi Nasional 2023, Bank Indonesia Apresiasi Iklim Investasi Harmonis

- 30 Januari 2024, 22:30 WIB
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Bambang Pramono (tengah)
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Bambang Pramono (tengah) /PRFM

PRFMNEWS - Provinsi Jawa Barat sukses membukukan realisasi investasi sebesar Rp210,6 triliun pada tahun 2023. Capaian ini mengantarkan Jabar sebagai peringkat pertama nilai investasi secara nasional.

Meresponsnya, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Bambang Pramono mengatakan, kunci realisasi investasi di Jabar tidak terlepas dari keberhasilan dalam menciptakan iklim investasi yang harmonis.

Faktor tersebut sangat penting untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif agar para investor percaya untuk berinvestasi di Jawa Barat.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Dapat Dana Investasi untuk IKN Rp7 Triliun dari Brunei

"Realisasi investasi yang tinggi juga sangat berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Barat seiring dengan nilai Incremental Capital Output Ration (ICOR) yang relatif stabil dari tahun ke tahun," ucap Bambang dalam kegiatan Bewara Jawa Barat (Beja) 'West Java Investment Report 2023 and Economic Outlook 2024' di Gedung Sate, Bandung, Selasa 30 Januari 2024.

Ia juga menyampaikan, meski ada perlambatan, tetapi perekonomian Jawa Barat pada triwulan III 2023 tumbuh sebesar 4,57% (yoy).

Menyongsong 2024, Bambang optimistis perekonomian akan tetap tumbuh dan berada pada kisaran 4,9% – 5,7% (yoy) dengan aktivitas Pemilu, Pilkada, termasuk kondisi global seperti perang di Ukraina dan Palestina, serta persaingan AS dan China.

Baca Juga: Terungkap Alasan Pemprov Jabar Prioritaskan 4 Koridor BRT Bandung Raya ini Beroperasi di 2024

Maka dari itu, menurut Bambang, seluruh stakeholders terkait investasi di Jawa Barat juga perlu secara aktif melakukan berbagai upaya proaktif dan inovatif dalam mengidentifikasi potential project yang diminati investor luar negeri saat ini.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x