2 KA Baru Beroperasi, Pemprov Jabar Akan Siapkan Feeder ke Tempat Wisata dari Stasiun Banjar dan Garut

- 25 Januari 2024, 15:00 WIB
Kereta Api (KA) Papandayan tujuan Gambir-Garut yang diresmikan pengoperasiannya, Rabu, 24 Januari 2024 di Stasiun Garut di Jalan Veteran, Kecamatan Garut Kota.
Kereta Api (KA) Papandayan tujuan Gambir-Garut yang diresmikan pengoperasiannya, Rabu, 24 Januari 2024 di Stasiun Garut di Jalan Veteran, Kecamatan Garut Kota. /kabar-priangan.com/DOK

PRFMNEWS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan menyiapkan angkutan penghubung (feeder) berupa shuttle yang akan mengantarkan penumpang kereta api (KA) dari Stasiun Garut dan Stasiun Banjar ke tempat-tempat wisata di sekitarnya.

Rencana pengadaan feeder sebagai transportasi umum resmi dari Pemprov Jabar penghubung Stasiun Garut dan Stasiun Banjar dengan destinasi wisata di wilayah tersebut menyusul telah dioperasikannya dua kereta api baru oleh PT KAI, yakni KA Pangandaran dan KA Papandayan.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan hadirnya KA Papandayan yang melayani rute Gambir-Garut (PP) dan KA Pangandaran relasi Gambir-Banjar (PP) ini akan meningkatkan aksesibilitas ke kawasan Jabar Selatan di Priangan Timur dengan memberikan opsi perjalanan menuju tempat-tempat wisata di sekitarnya.

Baca Juga: Presiden Boleh Kampanye dan Memihak Paslon Capres-Cawapres Asal Sesuai Aturan, Kata Jokowi

Untuk itu, Bey Machmudin meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar untuk segera menghadirkan layanan feeder berupa shuttle sebagai transportasi lanjutan antara Stasiun Garut dan Stasiun Banjar yang merupakan tujuan akhir dari KA Papandayan dan KA Pangandaran dari arah Gambir.

“Saya mintakan kepada Dinas Pariwisata Provinsi Jabar untuk segera menyiapkan shuttle ke tempat wisata dari Stasiun Garut ke tempat wisata dan juga dari Stasiun Banjar ke Pangandaran biar tidak terlalu lama di jalan memikirkan transportasi lanjutan," kata Bey, Rabu 24 Januari 2024.

Keberadaan KA Papandayan dan KA Pangandaran yang sudah beroperasi, lanjut Bey, diyakini akan memperkuat konektivitas antarkota dan antardaerah di Jawa Barat, serta membuka lebih banyak lagi pintu peluang untuk pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan mobilitas penduduk.

Baca Juga: CEK FAKTA Benarkah Mahfud MD dan FBI Ungkap Kasus Korupsi di Istana Kepresidenan?

"Garut dan Banjar memiliki potensi wisata bagus mulai kuliner, budaya, hingga alam dan panoramanya,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah