Antisipasi Caleg Stres Akibat Kalah Pemilu 2024, RSHS Siapkan Ruang Rawat Jiwa Khusus Bagi Caleg Gagal

- 14 Desember 2023, 08:45 WIB
RSHS Bandung.
RSHS Bandung. /PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS - Sejumlah rumah sakit menyiapkan ruangan khusus untuk mengantisipasi calon legislatif (caleg) yang mengalami stres atau gangguan jiwa akibat gagal dalam pemilihan legislatif (Pileg) di Pemilu 2024.

Salah satunya, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang siap melayani konseling kejiwaan dan menyiapkan ruang perawatan jiwa khusus untuk caleg yang mengalami stres akibat gagal dalam Pemilu 2024.

Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Iwan Abdul Rachman mengatakan layanan kesehatan jiwa di RSHS mempersiapkan ruangan rawat inap mulai Januari 2024, mengingat hingga kini RSHS hanya melayani telekonsultasi dan rawat jalan bagi pasien gangguan jiwa.

Baca Juga: RS di Kabupaten Bandung Siapkan Ruangan Khusus untuk Caleg Stres Akibat Gagal di Pemilu 2024

"Kami menyiapkan mulai Januari 2024, khusus perawatan jiwa. Hingga saat ini layanan yang diberikan kepada pasien gangguan jiwa adalah rawat jalan. Kami masih bekerja sama untuk layanan rawat inap pasien gangguan jiwa dengan rumah sakit lainnya," kata Iwan di Bandung, Rabu.

Dengan demikian, kata dia, diharapkan pada pemilu yang berlangsung Februari 2024, ruang rawat kejiwaan khusus yang memiliki kapasitas 20 orang tersebut sudah efektif digunakan untuk merawat caleg yang mengalami gangguan jiwa.

"Melayani pasien apapun itu terkait gangguan kejiwaan. Kita akan melayani dengan fasilitas yang kita miliki, mudah-mudahan di awal tahun depan kita punya ruang rawat inap," kata Dokter Spesialis Jiwa RSHS dr. Santi Andayani.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga yang Ampuh Meredakan Stres dan Bikin Lebih Bahagia

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x