PVMBG Imbau Masyarakat Waspadai Tujuh Gunung di Jawa Barat Selama Musim Hujan, Kenapa?

- 9 Desember 2023, 10:00 WIB
Pesona keindahan alam Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Pesona keindahan alam Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. //disparbud.jabarprov.go.id

PRFMNEWS - Kementerian ESDM melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat untuk mewaspadai aktivitas tujuh gunung di Jawa Barat untuk diwaspadai selama musim hujan, khususnya bagi para pendaki.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan, meski status tujuh gunung ini masih normal, tapi masyarakat harus tetap waspada selama musim hujan.

"Tujuh gunung berapi yang perlu diwaspadai ini statusnya masih normal. Meski demikian, masyarakat yang hendak mendaki diimbau tidak melakukan pendakian di gunung-gunung tersebut pada musim penghujan," ujarnya seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Gunung Merapi Semburkan Guguran Awan Panas Hari Ini, Jarak Luncur Terjauh 1.500 Meter

Tujuh gunung berapi yang perlu diwaspadai tersebut yakni Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Salak, Gunung Gede, Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Galunggung, dan Gunung Ciremai.

Hendra menyatakan, gunung berapi lebih berpotensi mengalami erupsi ketika musim hujan.

"Kita juga mengimbau saat hujan minimal tidak mendekati kawah. Memang menyenangkan, tapi kalau bisa tahan dulu lah untuk mendaki," katanya.

Hendra mengungkapkan, gunung berapi yang tenang justru lebih berbahaya ketika didaki, karena kewaspadaan kepada gunung oleh para pendaki akan lebih sedikit dibandingkan gunung berapi yang aktif.

Baca Juga: Catat! ini Rekomendasi Tempat Khitan di Bandung yang Cocok untuk Anak dan Dewasa

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah