Ridwan Kamil Dorong Pemuda di Jabar Jadi Petani dan Peternak Milenial

- 8 September 2020, 10:37 WIB
 Para petani di Soreang, Kabupaten Bandung mulai memanen padi di awal Maret 2020, Minggu (8/3/2020) *Rifki Abdul Fahmi/PRFM
Para petani di Soreang, Kabupaten Bandung mulai memanen padi di awal Maret 2020, Minggu (8/3/2020) *Rifki Abdul Fahmi/PRFM /*Rifki Abdul Fahmi/PRFM/

PRFMNEWS - Di tengah keterbatasan lapangan pekerjaan, terlebih dalam kondisi pandemi covid-19, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong para pemuda untuk kembali ke desa dan memilih menjadi petani ataupun peternak. Menurutnya, bertani dan beternak bisa menghasilkan pendapatan yang setara atau lebih dari pekerjaan di kota selama dikelola dengan baik dan memanfaatkan platform digital.

"Kita lagi mendorong agar anak-anak muda itu mau tinggal di desa, jauh dari penyakit, jauh dari covid, tapi kalau mau rezekinya rezeki kota, maka harus kuasai digital. Kita sedang kampanyekan petani milenial atau peternak milenial," sebut Kang Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- di Arjasari Kabupaten Bandung, Selasa 8 September 2020.

Baca Juga: Covid-19 di Kota Bandung Terus Meningkat, Camat Antapani Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Kata dia, pertanian ini menjadi salah satu sektor yang tidak terpengaruh oleh covid-19. Pasalnya, bagaimanapun juga orang akan terus membutuhkan hasil pertanian untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu, jelasnya, jika pertanian dilengkapi dengan teknologi dalam pemasarannya, maka tak menutup kemungkinan swasembada pangan dan ekspor hasil pertanian akan terus meningkat.

Maka dari itu, pasca pandemi covid-19, Kang Emil akan memberikan fokus lebih terhadap sektor pertanian dan peternakan di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Meski Belum Dirilis ke Publik, David Beckham Bocorkan Jersey Ketiga MU

"Saya meyakini setelah covid ini orientasi kami akan lebih banyak kepada pertanian yang dilengkapi dengan 4.0 tadi," jelasnya.

Kabupaten Bandung, kata Ridwan Kamil, memiliki tanah yang cukup subur. Maka dari itum perlu adanya peningkatan produksi pertanian dan peternakan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x