Pemprov Jabar Sudah Siapkan Dana Rp1 Triliun untuk Pilkada 2024

- 27 September 2023, 08:30 WIB
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin. /Humas Jabar/

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sudah menyiapkan dana hingga Rp1 triliun untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dikumpulkan sejak 2022 lalu.

Pemprov Jabar akan memberikan anggaran tersebut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar sebelum tahapan Pilkada dimulai sekitar bulan November 2023.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, untuk menghadapi Pilkada serentak 2024 dana dari Pemprov Jabar sudah disiapkan dana sebesar Rp1 triliun. Sehingga dia memastikan Pemprov Jabar sudah siap dalam pendanaan.

Baca Juga: Wacana Pilkada Serentak Maju Jadi September, Tito Sebut Cukup Rasional Asalkan KPU Siap

"Dana tersebut sudah tersedia," ucap Bey.

Meski begitu, Bey memastikan, dana ini akan dialokasikan sesuai dengan keputusan KPU pusat soal penetapan tanggal pasti gelaran Pilkada 2024. Apabila pilkada berlangsung November 2024, maka tahapan pemilihan bakal dimulai November 2023.

"Dana hibah tersebut akan digunakan selama 12 bulan atau satu tahun, dimulai November 2023. Pihak KPU Jabar telah mengajukan dana sebesar Rp1,15 triliun," ucapnya.

Ia menyebutkan bahwa anggaran Pilkada yang diajukan oleh KPU Jawa Barat akan digunakan pada tahap persiapan seperti pembuatan regulasi, penetapan tahapan, proses pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan pemutakhiran data pemilih.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x