Kata Ridwan Kamil soal Penyebab Kebakaran TPA Sarimukti hingga Mitigasi Penumpukan Sampah Bandung Raya

- 25 Agustus 2023, 16:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /Foto: Biro Adpim Jabar

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap penyebab kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak Sabtu, 19 Agustus 2023.

Ridwan Kamil juga menyampaikan upaya Pemprov Jabar untuk mitigasi (mengurangi dampak bencana) berupa penumpukan sampah di wilayah Bandung Raya akibat tidak bisa dibuang ke TPA Sarimukti yang masih kebakaran hingga Kamis, 24 Agustus 2023.

Terkait penyebab kebakaran TPA Sarimukti, kata Ridwan Kamil, karena kecerobohan seseorang yang membuang puntung rokok dalam kondisi masih menyala hingga mengenai gunungan sampah.

Baca Juga: TPA Sarimukti Kebakaran: Sekolah Diliburkan, Pemulung Diminta Jangan Dulu Bekerja untuk Sementara

"Ini akibat ada pemulung melempar puntung rokok di area yang panas dan mudah terbakar,” kata Ridwan Kamil, Rabu 23 Agustus 2023.

Maka dari itu, agar kejadian serupa tidak terulang, Ridwan Kamil mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran apalagi dalam kondisi musim kemarau seperti saat ini.

“Makanya kedisiplinan itu kuncinya dalam situasi seperti ini. Tapi krisis kebakaran ini terus kita selesaikan, mudah-mudahan hari ini selesai," imbuhnya.

Baca Juga: Pemkot Ungkap Penyebab Kualitas Udara Kota Bandung di Ambang Batas Sedang Saat Ini

Selanjutnya menyangkut upaya penanganan sampah, Gubernur menyatakan, Pemprov Jabar sedang menyiapkan lokasi TPA darurat sebagai bentuk mitigasi agar tidak terjadi penumpukan sampah di Bandung Raya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x