Melalui Gerbang Desa Ridwan Kamil Mampu Hapus Desa Tertinggal di Jabar

- 23 Agustus 2023, 15:21 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Barat Dicky Saromi menjelaskan program Gerbang Desa yang dijalankan Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Barat Dicky Saromi menjelaskan program Gerbang Desa yang dijalankan Gubernur Jabar Ridwan Kamil /Dok PRFM

PRFMNEWS - Sudah lima tahun Ridwan Kamil menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar) dengan tagline 'Jabar Juara' di mana salah satunya fokusnya adalah pembangunan desa di Jabar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Barat Dicky Saromi menyampaikan salah satu dari sebelas program prioritas pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum adalah pembangunan desa melalui program gerbang desa.

"Untuk mencapai visi Jabar Juara itu ada 11 program prioritas dan salah satunya adalah gerbang desa," kata Dicky dalam 'Podcast Catatan PRFM' di kanal Youtube Radio PRFM News Channel.

Baca Juga: Pemprov Jabar Buka Pendaftaran Volunteer West Java Festival 2023 Secara Online

Pembangunan desa di Jabar di masa kepemimpinan Ridwan Kamil ditandai dengan adanya indeks desa membangun dengan indikator tuntasnya desa tertinggal dan lahirnya desa mandiri di Jabar.

Secara data, jumlah desa di Jabar mencapai 5.312 desa yang tersebar di 27 kabupaten/kota. Karenanya perlu strategi khusus dalam pembangunan desa-desa di Jabar ini.

Dicky menjelaskan, ada beberapa hal yang harus diintervensi Pemprov Jabar dalam pembangunan desa mulai dari kapasitas pemerintahan desa, ekonomi dan keuangan desa, hingga pemberdayaan desa.

"Gerbang desa ini distrategikan ada dua strategi besar. Yang pertama dia bersifat langsung dan bersifat tidak langsung," katanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x