Lantik Forum Jabar Sehat, Ridwan Kamil: Terapkan 4 Filosofi Sunda untuk Capai Tujuan Organisasi

- 9 Agustus 2023, 14:00 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik Forum Jabar Sehat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 7 Agustus 2023.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik Forum Jabar Sehat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 7 Agustus 2023. /HUMAS JABAR/

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik Forum Jabar Sehat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 7 Agustus 2023. Forum ini dibentuk melalui Keputusan Gubernur Nomor 440.05/Kep.461-Kesra/2023.

Pada pelantikan ini, Ridwan Kamil berpesan kepada seluruh anggota Forum Jabar Sehat yang berasal dari berbagai profesi agar menerapkan empat filosofi Sunda untuk mencapai tujuan organisasi.

Filosofi Sunda pertama yang disampaikan Ridwan Kamil kepada anggota Forum Jabar Sehat adalah 'hade goreng ku basa'. Artinya, baik atau buruk bisa disampaikan dengan komunikasi dalam menyelesaikan permasalahan organisasi.

Baca Juga: Terungkap! Jadwal Event West Java Festival 2023 yang Bakal Jadi Pesta Rakyat Terbesar di Jabar

"Selesaikan dengan komunikasi, berdebat di ruangan setelahnya hargai perbedaan pendapat. ‘Tong kukulutus’ (jangan ngedumel) di belakang," ucap Ridwan Kamil.

Filosofi kedua, ‘silih asih, silih asuh, silih asah, silih wawangi’. Artinya seseorang harus memahami perasaan orang lain dalam menyelesaikan masalah.

"Silih asah bukan silih soek (saling robek) ini kalimat dari Pak Cecep Padmadinata. Silih asih bukan silih sieuh (saling menjatuhkan), ciri-ciri silih asuh bukan silih siah (saling menjelekkan), dan silih wawangi," jelas Kang Emil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Jadwal Peresmian Menara Kujang Sapasang di Sumedang

Filosofi ketiga, 'batu turun keusik naek' (batu turun pasir naik). Artinya dalam menjalani hidup harus penuh dengan kompromi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah