Ridwan Kamil: Pondok Pesantren Al Zaytun Tidak Dibubarkan

- 3 Agustus 2023, 21:00 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. /HUMAS JABAR

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu tidak akan dibubarkan.

Walaupun kini Panji Gumilang menjadi tersangka, Ridwan Kamil menegaskan pembelajaran di Pondok Pesantren Al Zaytun harus tetap berjalan.

"Jadi (Pesantren Al Zaytun) tidak akan dibubarkan karena ada 5.000-an santri yang sedang belajar, dan mereka merupakan anak-anak bangsa yang berhak mendapatkan pelayanan akses pendidikan," ujarnya, Kamis 3 Agustus 2023.

Baca Juga: 89 Kasus Pemalsuan Kartu Keluarga Terjadi saat PPDB 2023

Ridwan Kamil menegaskan, Al Zaytun tak akan dibubarkan, tapi pesantren ini akan dibina.

Hal ini dikarenakan Kementerian Agama Republik Indonesia akan mengubah kurikulum Al Zaytun yang selama ini diajarkan kepada santri.

Ridwan Kamil menambahkan, selain kurikulum, para pengajar juga akan dibina dan didampingi oleh Kementerian Agama RI.

Sehingga, lanjut Ridwan Kamil, materi yang diajarkan ke depan tidak ada yang menyimpang dengan akidah agama, Pancasila, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga: Erwin Gutawa Gelar Konser Musik Lintas Era Bertajuk Symphonesia

"Nanti kurikulum dan pengajar-pengajarnya akan didampingi dan dibina oleh Kementerian Agama RI untuk memastikan bahwa kurikulum, pola pikir, semua harus Pancasila, NKRI, yang menjadi kewajiban kita semua," kata dia.

Dikatakan Ridwan Kamil, Pemerintah juga memastikan tidak akan mengambil alih pengelolaan Pondok Pesantren Al Zaytun. Bangunan pesantren akan tetap berdiri namun dengan manajemen baru.

"Pesantren bukan diambil alih, tapi akan dibina. Fisik bangunannya tetap ada, siswanya tetap belajar, tapi dengan kurikulum baru, pengajar baru atau yang lama, tapi sudah dibina dan tupoksi itu ada di Kemenag RI," pungkasnya.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah