Dibangun di Sumedang, Bendungan Baru Terbesar ke-3 di Indonesia akan Diresmikan Jokowi September 2023

- 14 Juli 2023, 13:40 WIB
Tampak pembangunan Bendungan Cipanas di wilayah Cibuluh, Kecamatan Ujung Jaya, Sumedang.
Tampak pembangunan Bendungan Cipanas di wilayah Cibuluh, Kecamatan Ujung Jaya, Sumedang. /kabar-priangan.com/Nanang S/

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan bendungan baru di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada September 2023.

Peresmian bendungan baru di Sumedang yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi pada September 2023 nanti dan telah selesai dibangun oleh Kementerian PUPR adalah Bendungan Cipanas.

Salah satu manfaat Bendungan Cipanas adalah untuk kebutuhan air baku sebesar 850 liter/detik bagi Bandara Kertajati Majalengka, kawasan permukiman, dan zona industri di Kawasan Rebana Jabar.

"Konstruksi Bendungan Cipanas sudah selesai fisiknya 98% dan sejak Mei 2023 lalu sudah mulai digenangi air. Dengan curah hujan yang ada, diharapkan pada bulan Oktober 2023 sudah bisa mencapai level intake," kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.

Baca Juga: Proyek Tol Cisumdawu Sisakan Kerusakan Jalan Legok-Buahdua, Bupati Sumedang: Dana Perbaikan dari Pusat

Endra menjelaskan, Bendungan Cipanas merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan untuk siap diresmikan pada bulan September 2023 ini.

"Kita tunggu tentunya informasi dari Istana untuk kunjungan kerja berikutnya ke Jawa Barat, antara lain untuk agenda peresmian Bendungan Cipanas yang sangat penting ini, terutama untuk menjamin pasokan air ke daerah-daerah irigasi, permukiman dan industri," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Ditjen SDA Kementerian PUPR, Dwi Agus Kuncoro mengatakan, Bendungan Cipanas memiliki kapasitas tampung sebesar 250,81 juta m3 atau 10 kali lebih besar dari Bendungan Kuningan yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada Agustus 2021.

Baca Juga: Hal ini Bikin Jokowi Senang Saat Kunjungi Pasar Tanjungsari Sumedang

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x