Kabupaten Subang Utara Disetujui Jadi Calon Daerah Otonomi Baru di Jabar

- 28 Juni 2023, 09:51 WIB
Kabupaten Subang Utara disetujui jadi calon daerah otonomi baru.
Kabupaten Subang Utara disetujui jadi calon daerah otonomi baru. /Humas Jabar


PRFMNEWS - Kabupaten Subang Utara disetujui menjadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB), hasil pemekaran dari Kabupaten Subang wilayah Pantura.

Hal ini disepakati oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan DPRD Jawa Barat dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Selasa 27 Juni 2023.

Proses selanjutnya, calon daerah otonomi baru Subang Utara ini akan segera diusulkan ke Pemerintah Pusat.

Baca Juga: DPRD Jabar Setujui Rencana Pemekaran Daerah Tasikmalaya Selatan, Garut Utara dan Cianjur Selatan

"Alhamdulillah, satu daerah CDPOB, yaitu Kabupaten Subang Utara sudah kami setujui (dalam Rapat Paripurna) dihadiri oleh tokoh-tokoh dari forum koordinasi pemekaran pantura Subang," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengungkapkan, CDPOB Kabupaten Subang Utara ini terwujud berkat kerja kolektif seluruh stakeholders termasuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait pemekaran daerah otonom baru di kawasan utara Jabar.

"Ini adalah aspirasi yang diwujudkan oleh kerja semua pihak, mulai level desa, forum komunikasi Kabupaten Subang, Pemda Provinsi Jabar, juga anggota DPR RI, yang tentunya memperjuangkan sebuah keadilan kewilayahan," tuturnya.

Baca Juga: Ini Alasan Ridwan Kamil Usulkan Pemekaran 3 Calon Daerah Otonomi Baru, Termasuk Kabupaten Garut Utara

Menurut Gubernur Ridwan Kamil, hingga tahun ini Pemdaprov Jabar telah mengusulkan sembilan CDPOB ke Pemerintah Pusat, yaitu Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Indramayu Barat, dan yang terbaru Kabupaten Subang Utara.

"Total sudah sembilan daerah persiapan otonomi baru ini. Jadi mudah-mudahan di Pemerintah Pusat apakah masih di era Presiden Jokowi ataupun nanti di era pemerintahan yang baru keadilan pemekaran wilayah yang sekarang masih dalam moratorium bisa dicabut dan kita bisa merasakan kesejahteraan (masyarakat) Jawa Barat yang meningkat," ungkap Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x