Tanggapi Penutupan Rumah Ibadah di Purwakarta, Uu Ruzhanul: Bukan Gereja, Tapi Bangunan Tak Berizin

- 18 April 2023, 11:35 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum /Humas Jabar/


PRFMNEWS - Baru-baru ini penutupan rumah ibadah jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) di Purwakarta menuai kontroversi di masyarakat.

Dalam informasi yang beredar, aksi penutupan tersebut dinilai menodai kerukunan umat beragama yang sebelumnya sangat kental di kalangan masyarakat Purwakarta.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum pun memberikan tanggapan sekaligus meluruskan kabar yang beredar.

Baca Juga: Daripada Perang Sarung, Uu Ruzhanul Ulum Sarankan Warga Cari Kegiatan Lain yang Lebih Bernilai Ibadah

Uu menegaskan, bangunan yang ditutup oleh Pemkab Purwakarta bukan rumah ibadah, melainkan bangunan tak berizin yang disalahgunakan menjadi rumah ibadah.

“Yang ditutup itu bukan tempat ibadah, tapi rumah yang disalahgunakan untuk ibadah. Jadi jangan rame, sedikit-sedikit pemerintah yang disalahkan, justru di sini pemerintah menengahi karena mungkin ada keresahan yang ditimbulkan,” kata Uu, Selasa 18 April 2023.

Uu menyampaikan, penggunaan bangunan tak berizin itu menyalahi aturan pemerintah daerah dan Peraturan Bersama Menteri Agama Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 tahun 2006 atau yang disebut SKB 2 Menteri.

Baca Juga: Anggaran Rp10 M untuk Operasi Pasar, Uu Ruzhanul: Terbukti Stabilkan Harga Bahan Pokok

Keputusan penyegelan bangunan yang dijadikan tempat ibadah oleh anggota Jemaat GKPS itu pun sudah disepakati bersama dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh pihak-pihak terkait, termasuk anggota jemaat yang bersangkutan.

Tidak dikantonginya izin bangunan secara resmi dalam bangunan rumah ibadah tersebut juga turut diamini oleh jemaat gereja, sehingga sepakat untuk adanya penutupan mengingat telah timbul sejumlah keresahan dikalangan masyarakat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x