Penjelasan Disdik Jabar Tentang Permintaan Sumbangan dari Sekolah yang Dipertanyakan Soleh Solihun

- 8 Maret 2023, 19:20 WIB
Ilustrasi pendidikan.
Ilustrasi pendidikan. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Viral di jagat maya unggahan komedian Soleh Solihun mengenai dugaan pungutan di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung.

Dalam unggahan itu, Soleh Solihun mempertanyakan mengenai pungutan yang diminta pihak sekolah kepada keponakannya yang sekolah di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Wahyu Mijaya memberikan penjelasan mengenai pungutan yang dipertanyakan oleh Soleh Solihun tersebut.

Baca Juga: Soleh Solihun Ungkap Dugaan Pungutan SMA Negeri di Bandung

Wahyu menjelaskan, sebenarnya setiap sekolah negeri sudah mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat dan dari pemerintah daerah.

"Terkait yang disampaikan tersebut sebetulnya pemerintah pusat sudah mengalokasikan anggaran BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk yang sekarang dan di pemerintah provinsi ada BPOD (Biaya Operasional Pendidikan Daerah)," jelas Wahyu saat mengudara di Radio PRFM 107,5 News Channel Rabu, 8 Maret 2023.

Bantuan ini, lanjut Wahyu, biasanya digunakan pihak sekolah untuk membiayai operasional sekolah seperti membayar listrik, internet, hingga honor guru honorer dan lainnya.

Baca Juga: Cerita Pengunjung Camping Ranca Upas, Rela Geser Tenda Akibat Dilewati Ratusan Peserta Event Trail

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x