Berada di Jepang, Ridwan Kamil Pastikan Komitmen Investor untuk Wujudkan PLTSa Legok Nangka

- 7 Maret 2023, 22:00 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. /Dok. Humas BKKBN Jabar/


PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta rombongan tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jepang pada 3-6 Maret 2023 dengan tiga agenda utama.

Salah satu agenda khusus Ridwan Kamil adalah memastikan komitmen investor di Jepang untuk berinvestasi di bidang pengelolaan sampah/energi terbarukan yakni mewujudkan TPPAS Legok Nangka di Nagreg, Kabupaten Bandung menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Di Jepang, Ridwan Kamil menemui investor yang sebelumnya menyatakan siap mewujudkan TPPAS menjadi PLTSa Legok Nangka sebagai bentuk penerapan konsep ‘waste to energy’.

Baca Juga: Jepang Kurang SDM, Ridwan Kamil dan Bima Arya Siap Kirim Tenaga Kerja asal Bogor

Melalui investor Jepang inilah, kata Ridwan Kamil, nantinya TPPAS Legok Nangka akan terwujud menjadi PLTSa terbesar di Indonesia.

"Rencana waste to energy di Legok Nangka untuk pengelolaan sampah perkotaan, bulan ini sudah memasuki babak final. Terseleksi tinggal dua investor finalis, semuanya dari Jepang," tulis Ridwan Kamil di akun Twitter pribadinya, Senin 6 Maret 2023.

Dalam kunjungannya itu pula, Ridwan Kamil menyatakan telah bertemu dengan Gubernur Tokyo dan perusahaan peserta lelang waste to energy.

Baca Juga: Ridwan Kamil Angkat Bicara soal Kasus Ibu Hamil Meninggal Usai Diduga Ditolak di RSUD Ciereng Subang

"Kami diterima Gubernur Tokyo Yoriko Koike dan melakukan rapat kerja dengan perusahaan-perusahaan peserta lelang waste to energy asal Jepang," jelasnya.

Selain kunjungan ke Jepang, Ridwan Kamil bersama rombongan juga melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan juga untuk bertemu dengan sejumlah investor.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x