Gunakan Metode Modern CSI, Polisi Berhasil Ungkap Kasus Keracunan Ternyata Pembunuhan Keluarga di Bekasi

- 20 Januari 2023, 16:40 WIB
 Pengungkapan kasus pembunuhan berencana yang mulanya diduga keracunan satu keluarga di Ciketing Udik, Bantargebang, Bekasi berhasil dilakukan polisi menggunakan metode CSI.
Pengungkapan kasus pembunuhan berencana yang mulanya diduga keracunan satu keluarga di Ciketing Udik, Bantargebang, Bekasi berhasil dilakukan polisi menggunakan metode CSI. /Pexels/Davide Baraldi

PRFMNEWS – Pengungkapan kasus pembunuhan berencana yang mulanya diduga keracunan satu keluarga di Ciketing Udik, Bantargebang, Bekasi berhasil dilakukan polisi menggunakan metode ‘Scientific Crime Investigation’ (CSI).

Selain kasus pembunuhan berencana diduga keracunan satu keluarga di Bekasi, metode penyidikan CSI ini juga pernah digunakan Polda Metro Jaya untuk mengungkap kasus kematian misterius sekeluarga di Kalideres.

Apa itu metode CSI? Scientific Crime Investigation adalah cara penyidikan suatu kasus tindak pidana yang memadukan teknik prosedur dan teori ilmiah untuk mengumpulkan bukti dalam melawan kejahatan dan memenuhi kebutuhan hukum.

Baca Juga: Viral Live TikTok Nenek Mandi Lumpur, Polisi Wanti-wanti Content Creator ‘Ngemis Online’ ini Bisa Dipidana

"Teman-teman penyidik harus patuh dan taat kepada metode penyidikan scientific agar tidak terjebak dalam sebuah kesimpulan yang kebenaran dapat digugat," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Selain itu, lanjutnya, penerapan metode CSI dalam pengungkapan suatu kasus melibatkan para ahli lintas disiplin ilmu, aspek barang bukti fisik, dan aspek-aspek perilaku, melalui autopsi psikologi.

"Dari fakta awal, kemudian dilakukan Scientific Crime Investigation, sehingga ditemukan fakta baru bahwa narasi yang dikembangkan tentang ketiga korban mati karena keracunan itu tidak benar, tapi itu adalah pembunuhan," ucap Fadil.

Baca Juga: Pratama Arhan Resmi Tetap Merumput di Jepang, Batal Gabung Persib

Menurutnya, prinsip kehati-hatian juga sangat diutamakan ketika mengungkap suatu kasus tindak pidana yang penuh dinamika, agar penyidik memperoleh kesimpulan berdasarkan keidentikan yang dihasilkan dari berbagai sudut pandang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x