Tol Cisumdawu Dipastikan Beroperasi pada Oktober 2022

- 15 September 2022, 15:00 WIB
Jalan Tol Cisumdawu bakal beroperasi mulai Oktober 2022.
Jalan Tol Cisumdawu bakal beroperasi mulai Oktober 2022. /kabar-priangan.com/DOK

PRFMNEWS – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan memastikan Tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan) beroperasi pada akhir bulan Oktober 2022.

“Sekarang sedang tahap penyelesaian, kita harapkan akhir Oktober sudah bisa kita operasikan. Itu sampai Cimalaka, jadi lumayan bisa mem-by pass Sumedang, Cadas Pangeran, serta titik kemacetan antara Bandung-Sumedang,” kata, Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR yang dikutip dari Antara hari ini, Kamis, 15 September 2022.

Hedy Rahadian mengatakan bahwa jalan tol Cisumdawu diharapkan dapat mendukung akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Majalengka. Jalan tol sepanjang 61 km ini ditargetkan bisa memangkas waktu tempuh dari Bandung ke Kertajati sepanjang 180 km menjadi hanya satu jam.

Baca Juga: Jelang Usia Ke-212, ini Pesan Warga untuk Pemkot Bandung

“Kita harapkan nanti Kertajati dari Bandung membuat travel time (waktu tempuh) tidak lebih dari satu jam,” ujar Hedy.

Kondisi topografi jalan Tol Cisumdawu cukup sulit karena konturnya yang naik turun. Hal ini menyebabkan geoteknik tidak begitu baik sehingga beberapa kali adanya gangguan.

Pembangunan Tol Cisumdawu terdiri dari enam seksi yang dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha dengan kisaran biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Baca Juga: Pengendara Buka Paksa Flyover Kopo, Begini Penjelasan Polisi

Dari enam seksi, seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km, Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km, Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 km, Seksi 5 Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 km, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah