Melihat Sinergi Program Pengentasan Kemiskinan dan Penerapan ZWC di Desa Gudang Sumedang

- 3 Agustus 2022, 19:06 WIB
Penerapan program ZWC di Desa Gudang, Sumedang, 2022.
Penerapan program ZWC di Desa Gudang, Sumedang, 2022. /

PRFMNEWS - Kemiskinan masih menjadi masalah fenomenal di belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang kuat sudah terbukti menurunkan angka kemiskinan, namun tingkat penurunannya melambat.

Seperti kita tahu, pulihnya pertumbuhan ekonomi pascakrisis finansial Asia di tahun 1997-1998 telah membawa pergeseran, salah satunya tenaga kerja dari sektor pertanian beralih ke jasa, serta terciptanya lapangan kerja di perkotaan.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Universitas Pendidikan Indonesia bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM.

Salah satu isi dari SDGs Desa, yakni Desa Tanpa Kemiskinan. Melalui SDGs secara nasional, Indonesia berupaya mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk, termasuk di Desa.

Baca Juga: Pusat Pelatihan Sepak Bola akan Dibangun di IKN

Desa Tanpa Kemiskinan, dalam SDGs Desa menargetkan kemiskinan di desa mencapai 0 persen pada 2030. Artinya, pada tahun 2030, tidak boleh ada penduduk miskin di desa. Tentu saja, ini adalah langkah besar yang perlu dukungan dari berbagai pihak.

Mengingat kemiskinan masih menjadi masalah di semua negara, hal ini sejalan dengan agenda utama SDGs yaitu menghapuskan kemiskinan di dunia pada tahun 2030.

Salah satu mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kamda Sumedang, Nurlya Aprillanina Budi Karsa yang berasal dari kelompok 160 dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Ayi Suherman, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan, turut melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s dan MBKM dengan tema Desa Tanpa Kemiskinan di Desa Gudang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Program pengentasan kemiskinan di Desa Gudang sebenarnya sudah terealisasikan sejak 2016 sesuai dengan Kebijakan Bupati Sumedang tentang Penanggulangan Kemiskinan yang 8 persen per tahunnya harus dianggarkan untuk penurunan angka kemiskinan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x