Inilah Tanjakan Gentong, Ikon Jalur Selatan yang Terkenal Ekstrem

- 20 April 2022, 19:00 WIB
JALAN lingkar Gentong, Desa Buniasih, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.*
JALAN lingkar Gentong, Desa Buniasih, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.* /BAMBANG ARIFIANTO/PR/

 

PRFMNEWS - Masyarakat yang mudik melalui jalur selatan pasti sudah mengenal tanjakan gentong, satu titik jalan menanjak yang masuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Mereka yang memilih jalur selatan untuk mudik, pasti akan melewati tanjakan gentong yang terkenal ekstrim karena tingkat kecuraman dan topografinya.

Tanjakan gentong menjadi tantangan sendiri bagi yang membawa truk, bus dan juga mobil pribadi dengan kapasitas mesin rendah, tak kuat menanjak dan mundur menjadi ancaman yang mengintai.

Baca Juga: Cara Daftar Kirim Motor Gratis 2022 Lewat Kereta untuk Mudik Lebaran

Kontur bukit membuat tanjakan gentong diapit oleh tebing dan jurang di sisi yang lainnya menjadi tantangan mereka yang melewati jalur ini.

Selain memiliki kecuraman hingga 18 derajat, adanya beberapa tikungan menambah tingkat kerawanan tanjakan gentong dan juga kondisi jalan yang tak terlalu lebar.

Kondisi tersebut menjadi tantangan kendaraan besar seperti bus dan truk yang pasti akan berjalan merayap secara perlahan, tak jarang aroma kopling terbakar tercium saat melintasi tanjakan gentong.

Baca Juga: Yuk Simak! 4 Tips Aman Cegah Kebakaran Rumah saat Ditinggal Mudik Lebaran, Nomor 2 Jangan Sampai Lupa

Jika kondisi sedang tak ramai, pengendara mobil pribadi akan mudah menaklukan tanjakan yang juga memiliki cerita mistis dibalik pembangunannya puluhan tahun lalu.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah